WhatsApp Lite Apk: Link Download + Cara Instal Terbaru

Menggunakan aplikasi modifikasi untuk WhatsApp memang sudah bukan rahasia lagi. Menariknya, salah satu aplikasi modifikasi yaitu WhatsApp Lite memiliki berbagai macam fitur menarik, canggih, serta lebih unggul dibandingkan dengan versi dulu.

WhatsApp memang memegang banyak jumlah download sampai dengan 5 M oleh para pengguna aktif dengan ulasan 151 juta ulasan. Masyarakat modern memang sangat suka menggunakan WhatsApp karena aplikasinya yang ringan dan sederhana.

Dengan adanya aplikasi modifikasi pastinya akan terdapat banyak sekali fitur-fitur menarik dan canggih sehingga kesannya luas biasa serta tidak bisa didapatkan pada versi aslinya.

Mengenal WhatsApp Lite

Mengenal WhatsApp Lite

Sebelum menggunakannya terlalu jauh maka ada baiknya untuk mengenalnya terlebih dahulu. Pasti sudah banyak yang mengetahui mengenai WhatsApp Lite ini sebuah aplikasi modifikasi dari aplikasi chatting populer yaitu WhatsApp. 

Terdapat berbagai macam keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh WhatsApp versi ini karena dibandingkan dengan versi modifikasi lainnya bahkan dengan versi aslinya. Pasalnya, dengan nama Lite ini maka bisa dilihat bahwa ukuran aplikasi cukup kecil dan ringan. 

Sangat ideal apabila digunakan serta dipasangkan pada smartphone dan tidak akan banyak memakan ruang. Bahkan untuk fitur-fiturnya sangat menarik dan tidak bisa dipandang sebelah mata meskipun ukurannya kecil namun fiturnya juara. 

Sebenarnya untuk WhatsApp Lite Apk ini merupakan potongan dari aplikasi resmi yang ditujukan untuk pengguna Android kelas menengah atas dan bawah. Karena pada kelas bawah penggunaan versi terbaru WhatsApp original mengalami permasalahan dalam hal ruang penyimpanan yang tidak cukup. 

Oleh sebab itu, nama Lite ini hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga para pemilik smartphone kelas bawah tidak perlu takut ruang penyimpanan banyak termakan karena ukuran Lite ini cukup kecil.

Pengembang dari aplikasi WhatsApp yang ringan ini adalah Soula yang bukan bagian resmi dari Facebook. Oleh sebab itu, pengembang ini memberikan link download secara bebas pada website atau situs dan pastinya sudah dipastikan aman dan terhindar dari virus yang kerap mengganggu.

Apa Kelebihan WhatsApp Lite?

Developer dari Lite ini yaitu Soula Sommer Damous memberikan banyak kelebihan yang berasal dari fitur-fitur unggulannya. Bahkan bisa dipastikan untuk kelebihan ini tidak akan bisa ditemukan pada versi original karena fiturnya merupakan jawaban dari kesulitan yang dihadapi pada versi original.

Nah, pasti kamu sudah bertanya-tanya bagaimana bisa WA Lite menjadi sangat menarik, apa sih fitur-fitur unggulan yang dimilikinya? Yuk kenali fitur terbaru dan canggih ini, yaitu:

  • Download Status

Keunggulan pertama adalah aplikasi ini mampu mendownload status pengguna WhatsApp lainnya. Pasalnya agar bisa mendapatkan video status harus meminta kepada yang bersangkutan melalui PC WA. Namun, berbeda dengan aplikasi modifikasi yang memiliki tombol Unduh. 

Sebenarnya, untuk fitur ini merupakan fitur terbaru dan masih jarang orang yang mengetahuinya. Jika menggunakan fitur ini maka dapat mendownload status tanpa memerlukan aplikasi tambahan lain sehingga bebas mendownload status siapa saja.

  • Pengiriman File Tanpa Batas

Pada WA original terdapat batasan dalam pengiriman file contohnya saja dalam satu klik hanya bisa 10-30 saja. Akan tetapi, WhatsApp Lite Mod Apk ini bisa digunakan untuk mengirimkan file dalam satu kali klik saja dengan jumlah 100 file pada satu waktu. 

Untuk bentuk file yang dapat dikirimkan dengan format berbagai macam seperti PDF, RAR, Apk, maupun JPG, JPEG, atau PNG. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi saat harus mengirimkan banyak file karena bisa dilakukan dalam satu kali waktu saja. 

Bagaimana? Untuk prosesnya cukup mudah dan singkat bukan? Memang kelebihan yang satu ini tidak akan bisa didapatkan pada versi originalnya.

  • Status Memiliki Karakter 250

Saat ini pada WhatsApp original batasan karakter pada status hanyalah 139 karakter saja. Saat menggunakan WA Lite maka kamu bisa merasakan batasan karakter yang jauh lebih banyak karena karakter yang dapat dimuat bisa sampai 250 karakter. 

Tuangkan berbagai macam ide maupun apapun pada status yang akan dibagikan. Dengan begitu akan lebih tampak kelebihannya dibandingkan dengan versi originalnya. 

  • File Aplikasi Ringan

Bisa jadi ini adalah kelebihan yang paling dicari oleh pengguna yaitu ukuran aplikasi yang ringan. Untuk versi terbaru dari WA Lite ini ukurannya hanya berkisar 19 MB saja sehingga tidak akan membebankan ruang penyimpanan pada perangkat smartphone bukan? 

Berbeda dengan versi dahulu yang masih memiliki ukuran file 30 sampai 60 MB yang bisa dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Menariknya, untuk WA Lite yang semakin diupdate maka ukurannya akan semakin kecil meskipun fitur di dalamnya tetap up to date. 

Sangat banyak pengguna WhatsApp yang lebih menyukai menggunakan WhatsApp Lite karena dirasa lebih ringkas dan praktis dari segi ukurannya. Selain itu, fitur-fiturnya akan memberikan kemudahan tersendiri untuk kepentingan tertentu.

  • Nonaktif Informasi Forward

Satu lagi fitur unggulan yang jarang ditemui pada aplikasi WhatsApp manapun yaitu bisa menonaktifkan informasi forward. Yang dimaksud forward di sini adalah meneruskan pesan dari satu pengguna ke pengguna lainnya dan pada WhatsApp original pasti memiliki tag forward atau diteruskan. 

Dalam penggunaan fitur ini bisa diatur agar dinonaktifkan sehingga tidak akan kelihatan jika pesan itu berasal dari pengguna lainnya. Jadi, pada saat meneruskan pesan alih-alih pesan itu murni kamu yang mengirimkannya dan bukan dari pengguna lain. 

  • Waktu Hapus Pesan 3 Bulan

Perbedaan signifikan yang terdapat pada aplikasi ini dan berbeda dengan aplikasi WhatsApp lainnya adalah waktu hapus pesan selama 3 bulan. Hal ini akan bisa menghapus sebuah pesan yang telah terkirim dengan batas 3 bulan mendatang.

Hal ini lah yang menjadikan ruang penyimpanan pada WA Lite sangat longgar dan aplikasinya ringan. Karena pengguna secara otomatis pesan dalam waktu 3 bulan akan terhapus. Menarik bukan? Kamu tidak perlu repot-repot menghapus pesan dari bulan-bulan sebelumnya?

  • Tidak Bisa Hapus Story

Hal luar biasa, canggih, serta menarik selalu hadir pada aplikasi WhatsApp modifikasi yang bisa membuat whatsapp original merasa tidak berdaya. Pasalnya, salah satu fitur ini sangat bagus digunakan yaitu anti hapus story. 

Meskipun teman kamu menghapus story mereka tetap saja kamu bisa melihatnya melalui aplikasi modifikasi ini. Memang untuk fitur ini menyalahi aturan dari whatsapp original. Namun untuk kepentingan tertentu maka sah-sah saja bukan menggunakan aplikasi untuk melihat story yang sudah terhapus?

Fitur canggih ini tetap harus digunakan secara bijak dan jangan sampai merugikan orang lain. Privasi juga harus tetap dijaga jadi ini buat pengetahuan kamu saja ya. 

  • Inovasi Baru

Meskipun ini adalah aplikasi modifikasi yang bukan resmi namun dari pihak developer tetap memberikan notifikasi pada saat terdapat pembaruan untuk aplikasi yang dikembangkannya ini. Saat ini versi terbarunya sudah ada versi v6.20 yang bisa didownload sesegera mungkin. 

Dengan memperbarui status yang terkini maka akan bisa mendapatkan pelayanan yang baru dengan fitur-fitur terkini. Dengan update maka juga bisa menghindari dari adanya expired sehingga tidak dapat menggunakan aplikasinya untuk kepentingan tertentu.

Link Download Terbaru WhatsApp Lite Apk

Link Download Terbaru WhatsApp Lite Apk

Kamu tidak akan bisa mendapatkan WhatsApp Lite pada Google Play Store karena ini bukanlah aplikasi resmi. Sehingga mencari sebuah sumber terpercaya harus dilakukan untuk mendapatkan link download terbaru dan kredibel. 

Pastinya saat sudah mendapatkan link download, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mendapatkan nuansa obrolan terbaru, praktis, menyenangkan, dan dengan berbagai macam keunggulan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, di bawah ini diberikan link download beserta spesifikasinya, yaitu:

Nama  : Soula_WhatsApp.Apk
Ukuran : 16 MB
Versi : v6.20
Harga : Gratis
Link Download : https://www.file.pondband.net/wa-lite/

 

Dengan melihat pada spesifikasi di atas maka bisa menggunakan versi Android terbaru untuk berjalannya aplikasi yang stabil. Kemudian, dalam proses downloadnya juga siapkan jaringan internet yang stabil sehingga tidak akan mengganggu berjalannya proses download. 

Cara Mudah Instalasi Manual Tanpa Kehilangan Data

Cara Mudah Instalasi Manual Tanpa Kehilangan Data

Perbedaan pada cara instal manual ini harus dilakukan secara manual karena aplikasi tidak terdapat pada Google Play Store. Instal otomatis tidak bisa dilakukan karena jika dipaksakan maka aplikasi bisa tertolak oleh sistem dengan alasan keamanan. 

Memang sedikit panjang untuk cara instalasinya namun bisa melihat pada langkah di bawah ini:

  • Pastikan sudah mendownload aplikasi WhatsApp Lite versi terbaru pada link yang disediakan di atas. 
  • Kemudian, pergi ke menu Pengaturan atau Settings pada smartphone Android. 
  • Lalu, masuk ke dalam menu Keamanan dan Privasi pada Pengaturan. 
  • Carilah pada menu keamanan untuk Sumber Tidak Dikenal, centang pilihan tersebut hingga aktif.
  • Setelah itu, masuk ke Pengelola File 🡪 Folder Download 🡪 temukan file Soula_WhatsApp.Apk
  • Jika sudah diklik bisa scroll ke bawah dan disana terdapat pilihan Install, klik Install
  • Tunggu beberapa saat sehingga prosesnya benar-benar berhasil. 

Jika sudah berhasil maka akan ada notifikasi berupa pop up Open dan bisa diklik saja. Saat sudah berada di dalam aplikasi ini pertama harus login menggunakan nomor handphone yang aktif. Apakah kamu menggunakan versi Unclone?

Jika iya, maka harus memastikan kamu melakukan sebuah Restore History Chat dari aplikasi sebelumnya yang dilakukan backup terlebih dahulu. 

Perbedaan WhatsApp Mod Lite dengan Versi Original

Perbedaan WhatsApp Mod Lite dengan Versi Original

Memang sangat banyak perbedaan yang bisa diketahui melalui penjelasan di atas. Akan tetapi kurang paham juga pada saat ingin membandingkan dengan pasti. Oleh sebab itu, di bawah ini terdapat beberapa perbedaan yang bisa dilihat, yaitu:

WhatsApp Original WhatsApp Lite
  • Ukuran file standar Play Store sehingga cukup besar.
  • Bisa diinstal melalui layanan Google Play Store.
  • Memakan cukup banyak ruang penyimpanan pada smartphone yang digunakan.
  • Terdapat fitur bawaan resmi dari developer resminya. 
  • 100% aman digunakan.
  • Anti banned serta tidak ada virus malware.
  • Legalitas resmi
  • Ukuran file aplikasi cukup ringan.
  • Menggunakan RAM dengan jumlah yang sedikit saja. 
  • Tidak ada di Google Play Store. 
  • Terdapat banyak tambahan fitur-fitur menarik dan menyenangkan. 
  • Rentan terkena banned pihak resmi. 
  • Keamanan tidak terjamin 100% aman. 

 

Error Pada WhatsApp Lite yang Sering Terjadi

Aplikasi modifikasi ini ternyata kerap terkena error yang bisa saja terjadi karena berbagai alasan tertentu. Nah, pasalnya untuk error aplikasi smartphone ini cukup sama antara satu aplikasi dan aplikasi lainnya, seperti :

  • Tidak bisa dibuka, tidak bisa login, tidak merespons
  • Tiba-tiba keluar sendiri atau fresh
  • Pembatasan akses aplikasi
  • Server down sehingga pesan tidak terkirim dan tidak diterima dengan baik oleh penerima

Pastinya jika sudah error seperti itu akan membuat jengkel dan malas untuk menggunakannya. Tak jarang dari kamu yang mungkin akan uninstall aplikasi padahal masih bisa diupayakan untuk segera diatasi karena sangat sayang kamu sudah menginstal WA Lite namun dihapus begitu saja. 

Bagaimana Cara Mengatasi Error WhatsApp Lite?

Error yang bisa kapan saja terjadi itu pastinya bisa diatasi dengan baik. Akan tetapi, harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kesabaran seperti langkah di bawah ini:

  • Memeriksa Jaringan Internet

Pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi error tersebut adalah dengan memeriksa jaringan internet pada saat dalam keadaan aktif. Biasanya WhatsApp pending bisa saja karena jaringannya tidak stabil. Beberapa metode untuk memastikan jaringan internet ini berfungsi dengan baik.

Mengunci jaringan 4G LTE sehingga kecepatan internet stabil dan kualitasnya tinggi. Biasanya untuk cara mengaturnya terdapat pada Setting 🡪 Connections -> Mobile Networks 🡪 Networks Mode 🡪 LTE Only. Dengan begitu maka bisa dipastikan untuk jaringan 4G LTE saja. 

  • Mengaktifkan Mode Pesawat

Selanjutnya, bisa mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu kemudian menonaktifkan lagi. Hal ini dilakukan untuk merestart jaringan yang terhubung dengan smartphone yang dimiliki. Cobalah cara tersebut berulang kali sehingga mendapatkan jaringan yang stabil. 

  • Mencoba Aplikasi VPN

Tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi VPN saat dirasa sulit menggunakan aplikasi dengan jaringan internet saat ini. Biasanya untuk pesan pending atau tidak bisa mengirim atau membuka gambar maka sudah dipastikan bahwa yang bermasalah adalah jaringan. 

Beberapa aplikasi VPN yang direkomendasikan adalah Turbo VPN, Tunner Bear, Samsung max, dan masih banyak lagi.

  • Mengecek Penghemat Daya

Bisa jadi, penyebab error adalah sebuah pengaturan dalam smartphone itu sendiri. Memang untuk fitur penghemat daya android sangat bermanfaat dan secara otomatis diaktifkan agar baterai tetap awet dan tidak mudah habis. 

Akan tetapi, mode penghemat ini bisa saja menjadikan sebuah pesan whatsapp tidak masuk ke handphone kamu. Karena menghemat baterai bisa menonaktifkan notifikasi maupun off pada aplikasi yang dirasa memakan banyak baterai. 

Cara untuk mengecek atau menonaktifkan mode hemat daya ini adalah masuk ke menu Setting 🡪 Battery 🡪 Battery Saver lalu matikan toggle jika aktif. 

  • Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Selanjutnya, kamu bisa mulai dengan membersihkan cache atau data aplikasi yang kerap mengganggu proses berjalannya smartphone. Semakin banyak cache atau data pada aplikasi maka jalannya akan semakin sulit dan berat. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk membersihkan data dan sampah aplikasi terlebih dahulu. Caranya cukup mudah yaitu masuk ke menu Settings 🡪 Apps & notifications 🡪 WhatsApp 🡪 Storage 🡪 Clear Data. 

  • Menghapus Aplikasi Pembersih RAM

Untuk aplikasi pembersih RAM memang bekerja untuk membuat kinerja smartphone menjadi sangat baik. Akan tetapi, tidak jarang kadang juga membuat aplikasi WhatsApp berhenti sehingga tidak bisa menerima pesan. Oleh sebab itu, bisa dihapus terlebih dahulu agar WA Lite bekerja dengan optimal.

Dengan mengupayakan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada WhatsApp Lite maka akan membantu dalam memanfaatkan fitur-fitur yang dimilikinya dengan baik. Bahkan kinerja dari aplikasi ini juga bisa dirasakan sangat lancar tanpa hambatan apapun.

Simak Juga :