Royal Whatsapp Mod Apk, Modifikasi WA yang Patut Dicoba

Sebagai salah satu aplikasi paling banyak digunakan saat ini, Whatsapp terus berkembang memberikan fitur-fitur terbaiknya. Termasuk hadirnya versi modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga, salah satunya Royal Whatsapp yang punya segudang fitur lengkap sama seperti versi aslinya bahkan lebih mumpuni soal chatting dan lainnya.

Sejak awal eksis, Whatsapp memang mampu membuat banyak pemilik akun media sosial beralih. Secara berkala, dilakukan pula berbagai update untuk memuaskan para pengguna agar tidak pindah ke lain hati.

Dengan hadirnya aplikasi modifikasinya, paling tidak kamu punya aplikasi backup seandainya Whatsapp asli sedang bermasalah. Mau tahu sejauh mana hebatnya Royal Whatsapp dan bagaimana cara pakainya? Simak informasi lengkap berikut ini.

Cara Download Instal Royal Whatsapp

Cara Download Instal Royal Whatsapp

Dengan berbagai fitur yang dimiliki aplikasi ini, tidak salah jika semakin banyak yang berminat mencoba tapi belum tahu cara unduh dan instal yang benar. Sebagai panduan, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini.

Cara Download

Sebelum mengunduhnya, kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa link yang tersedia memang benar untuk Royal Whatsapp. Dengan informasi yang tepat mulai dari nama aplikasi yang cocok, versi aplikasi terbaru yang sudah mencapai update versi 5.50. kemudian ukurannya adalah 21 MB. Cara downloadnya adalah:

  • Copy file link unduh yang disediakan oleh situs penyedia link aplikasi terbaru. Salah satu link yang bisa digunakan adalah https://www.file.pondband.net/ra-whatsapp-mod/
  • Buka browser yang biasa digunakan pada perangkat ponsel kamu
  • Paste link yang sudah di copy sebelumnya. Pastikan identitas link tersebut lengkap
  • Tunggu sampai browser membawa kamu ke halaman unduhan
  • Akan muncul pilihan download now
  • Klik tombol download now dan tunggu proses sampai selesai unduh. Biasanya membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua menit
  • Jika download sudah selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa file unduhan sudah tersimpan pada HP dan siap untuk diinstal.

Cara Instal

Menginstal sebuah aplikasi dari platform selain Google Play Store, memang harus ekstra hati-hati dan pintar memilih link yang tidak broken atau terindikasi membawa virus. Cara instalnya adalah:

  • Pastikan terlebih dahulu file dari aplikasi sudah tersimpan pada memori penyimpanan perangkat, setelah proses download selesai. Kamu bisa cek terlebih dahulu apakah sudah ada atau belum. Jika sudah, maka bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  • Hapus terlebih dahulu aplikasi Whatsapp original yang sudah kamu miliki sebelumnya. Pastikan untuk melakukan backup semua data terlebih dahulu sebelum dihapus, supaya nanti dapat disinkronisasi dengan aplikasi Royal Whatsapp ini.
  • Buka menu setting atau pengaturan yang ada pada perangkat, kemudian pilih menu security and privacy atau nama sejenis sesuai tipe HP yang digunakan
  • Pilih sub menu unknown devices atau sumber yang tidak dikenal. Lalu klik centang pada menu tersebut, untuk memastikan HP siap menerima file untuk dipasang dari sumber yang tidak dikenal
  • Keluar dari menu setting, kamu pilih menu download dan buka folder aplikasi yang sudah di download sebelumnya
  • Pilih tombol next dan lanjutkan dengan menekan tombol install yang tersedia
  • Proses install akan berlangsung, kamu tinggal menunggu sampai proses tersebut selesai
  • Akan muncul notifikasi jika sudah selesai proses instalasi selesai
  • Jika selesai maka ikon dari Royal Whatsapp akan muncul pada daftar aplikasi yang siap digunakan.
  • Klik ikon dan pastikan kamu masuk ke halaman aplikasi tersebut, jika bisa dan lancar maka proses instal sudah selesai.

Bagaimana Cara Update Versi Terbaru Royal Whatsapp?

Bagaimana Cara Update Versi Terbaru Royal Whatsapp?

Versi terbarunya dari aplikasi satu ini adalah versi V5.50 yang masih berlaku sampai saat ini, belum ada versi terbaru. Jika aplikasi yang ada di HP kamu belum pakai versi terbaru, maka sudah waktunya melakukan update dengan cara mudah. Mau tahu?

  • Aktifkan HP kamu dan pastikan terhubung dengan internet yang aktif dan stabil. Disarankan untuk pakai koneksi Wifi ketimbang pakai kuota sendiri
  • Buka menu pengaturan aplikasi yang tersedia pada smartphone, kemudian pilih aplikasi tersebut dan cek detailnya. Jika masih versi lama, maka tinggal klik pada tombol update untuk melakukan pembaharuan versi.
  • Tunggu proses update berlangsung sampai selesai, kemudian Anda akan diminta untuk melakukan login ulang agar versi terbaru bisa digunakan.
  • Proses login tidak akan menghapus data yang ada pada aplikasi, jadi tidak perlu khawatir ya.

Masalah Terbanyak Dialami Pengguna

Masalah Terbanyak Dialami Pengguna 

Sebenarnya versi pihak ketiga dari Whatsapp, sudah merupakan modifikasi dan cenderung lebih lengkap fitur dan sistem yang digunakan. Tapi memang soal keamanan tidak bisa terjamin sebab link aplikasi diberikan dari berbagai sumber, sehingga bisa saja pengguna merasakan masalah saat menggunakan. 

  • Tidak Bisa Download

Pada beberapa kasus, pengguna ternyata tidak bisa mengunduh aplikasi ini pada perangkat mereka. Ada beberapa alasan, seperti memori dari ponsel tidak cukup sehingga untuk menginstal aplikasi baru tidak cukup ruang penyimpanan file yang dibutuhkan.

Bisa juga akibat smartphone pengguna yang tidak mendukung penggunaan aplikasi ini. Sehingga meskipun sudah terinstal pada perangkat, ternyata tidak dapat dibuka apalagi digunakan.

  • Link Tidak Bisa Dibuka

Ada juga masalah ketika akan melakukan unduh, dimana link yang disediakan oleh situs tertentu ternyata error atau tidak bisa dibuka. Bisa saja salah ketik atau memang link sudah tak berfungsi lagi.

  • Lag Saat Digunakan

Masalah berikutnya adalah lag atau tiba-tiba mati saat sedang digunakan, ada beberapa alasan hal ini bisa terjadi. Diantaranya adalah, masalah pada memori penyimpanan atau saat melakukan pengunduhan tidak sempurna. 

Solusi Mengatasi Masalah Saat Pakai Royal Whatsapp

Solusi Mengatasi Masalah Saat Pakai Royal Whatsapp

Dari ketiga masalah utama di atas, terdapat solusi yang bisa digunakan supaya Royal Whatsapp tetap bisa dipakai pada perangkat ponsel. Kamu memang harus mengetahui dulu, apa akar masalahnya sehingga solusi yang dipakai nantinya benar-benar tepat.

  • Untuk masalah tidak bisa download karena memori ponsel yang tidak cukup, maka kamu harus hapus terlebih dahulu aplikasi dan data yang tidak penting dari ponsel. Sampai ukuran memori penyimpanan sesuai dengan ukuran dari aplikasi ini.

Setelah itu, baru bisa mencoba lagi melakukan pengunduhan dan instal. Biasanya, ketika memori cukup maka proses instal bisa berjalan lancar

  • Jika masalahnya adalah ponsel kamu jadul dan tidak bisa menerima aplikasi baru ini, maka solusinya adalah upgrade HP menjadi versi tertingginya. Lalu coba menginstal kembali.
  • Masalah link yang tidak dapat dibuka, solusinya adalah kamu harus mencari link lain yang kredibel disediakan oleh situs internet. Sehingga saat akan di download pada ponsel tidak lagi bermasalah
  • Kalau mengalami lag saat sedang digunakan, kamu harus keluar dulu dari aplikasi tersebut. Kemudian coba untuk masuk lagi dengan cara seperti biasa.

Kalau masih tidak bisa digunakan, maka solusi selanjutnya adalah uninstall dulu Royal Whatsapp kemudian coba instal kembali dengan versi terbarunya. Bisa jadi, ada pembaharuan sistem yang tidak terbaca oleh versi lama sehingga aplikasi menjadi lag.

Plus Minus Royal Whatsapp

Plus Minus Royal Whatsapp

Sebagai salah satu aplikasi pihak ketiga yang mengembangkan versi asli dari Whatsapp, tentu saja tetap ada plus minus yang dimiliki oleh aplikasi ini. Sehingga perlu dijadikan pertimbangan ketika kamu mau mencoba mengunduh dan menggunakannya pada perangkat.

  • Nilai Plus

Nilai plusnya berhubungan dengan kenyamanan penggunaan, hingga fitur-fitur yang dimiliki. Boleh dibilang, orang akan lebih dimanjakan menggunakan aplikasi ini sehingga terkadang lupa pad versi aslinya.

Gratis Tanpa Biaya Berlangganan

Versi modifikasi dari sebuah aplikasi biasanya dibuat gratis tanpa biaya berlangganan, sehingga kecenderungan orang untuk menggunakannya lebih besar. Sama halnya dengan aplikasi satu ini yang juga bebas biaya apapun, selama kamu bisa menemukan link unduhan yang tepat dan bisa digunakan.

Tidak Ada Iklan atau Pop Up Mengganggu

Biasanya sebuah aplikasi resmi memiliki space untuk iklan yang akan muncul secara berkala. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu kenyamanan, saat menggunakan sebuah aplikasi.

Fiturnya Lebih Lengkap

Pengembangan yang dimiliki oleh versi modifikasi seperti Royal Whatsapp, memiliki fitur yang lebih lengkap dan menarik dari versi resminya. Sehingga pengguna bisa lebih puas saat menggunakan.

Hal ini merupakan terobosan yang dilakukan pengembang, dimana mereka berupaya menyajikan sebuah aplikasi tiruan yang lebih sempurna agar banyak digunakan oleh pecinta Whatsapp.

Tampilan Disempurnakan

Soal tampilan juga dibuat lebih menarik, biasanya dibuat sesuai dengan keinginan banyak pengguna. Alhasil, kamu akan menemukan tampilan platform chatting dan video serta fitur lain lebih seru.

Contohnya saja tema transparan yang bisa diganti sesuai keinginan, membuat chatting lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Tema yang disediakan juga banyak dan pastinya gratis untuk dipakai.

Watermark Tidak Ada

Tidak ada watermark untuk halaman-halaman utama, seperti yang ada di versi asli kebanyakan aplikasi. Jadi kamu bisa punya halaman Whatsapp sendiri dan didesain sendiri untuk kepuasan sendiri tanpa ada label pengembang atau watermark lainnya.

Tidak Ada Fitur Berbayar

Bebas fitur berbayar, mau menggunakan fitur apapun yang ada pada versi modifikasi ini semuanya gratis. Oleh karena itu, semakin banyak orang memilih pakai versi modifikasi sebuah aplikasi ketimbang versi resminya.

  • Nilai Minus

Sementara untuk nilai minus, harus jadi pertimbangan ketika akan mengunduh. Supaya kamu tidak dirugikan, oleh aplikasi tersebut karena akan tetap ada beberapa hal negatif yang mungkin saja bisa terjadi.

Jaminan Keamanan Minim

Beda dengan versi resmi di bawah naungan Google, dengan tingkat keamanan tinggi dan minim peretasan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Versi modifikasi ternyata memiliki sistem keamanan yang minim.

Hal tersebut tentu bisa menjadi alasan banyaknya peretasan informasi dari sebuah akun, untuk kepentingan pribadi orang lain. Apalagi bagi kamu yang menggunakan Whatsapp untuk kebutuhan bisnis, sharing dokumen penting ternyata keamanan komunikasi menggunakan aplikasi modifikasi ini tidak sebagus versi resmi.

Versi Terbaru Sulit Ditemukan

Untuk menemukan versi terbaru dari Royal Whatsapp cukup sulit, alasannya saat ini sudah banyak situs menyediakan link downloadnya. Bisa jadi, kamu malah mendapatkan versi lama yang sudah ketinggalan.

Oleh karena itulah, perlu waktu cukup lama untuk mendapatkan versi asli dan menggunakannya pada perangkat.

Play Store Tidak Punya Update Otomatisnya

Berhubung aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, maka otomatis ketika kamu mencari update versi pada platform tersebut tidak akan ketemu. 

Aplikasi modifikasi ini tidak terdaftar di platform tersebut, sehingga untuk update apapun tentu tidak akan tersedia. Sehingga kamu harus mencari sendiri update melalui situs-situs internet, atau melalui situs dimana kamu mendapatkan link unduhannya pertama kali.

Proses update juga tidak dilakukan otomatis, harus melalui proses cukup panjang dan dilakukan manual oleh pengguna.

Mudah Error

Kenapa mudah error? Salah satu alasannya adalah pembuatan versi modifikasi ini, kemungkinan tidak melalui prosedur percobaan yang matang. Alhasil, saat digunakan masih terdapat masalah dan langsung dirasakan oleh pengguna.

Ukuran Lebih Besar

Meskipun ada ukuran versi kecil dari aplikasi pihak ketiga ini, tapi kebanyakan aplikasi modifikasi memiliki ukuran yang besar. Membuat media penyimpanan perangkat akan cepat penuh, kemudian bisa membuat laju sistem ponsel jadi lebih lambat dari biasanya.

Bisa Expired

Kadaluarsa dapat terjadi pada versi lama dari aplikasi ini, sehingga ketika kamu masih menggunakan versi lama dan sudah expired otomatis langsung tidak dapat digunakan. Ujung-ujungnya, semua informasi yang tersimpan pada aplikasi tersebut hilang tanpa bisa diselamatkan terlebih dahulu.

Beda Whatsapp Original dan Royal Whatsapp

Beda Whatsapp Original dan Royal Whatsapp

Meskipun banyak plus minus dari Royal Whatsapp yang membuat kamu berpikir dua kali untuk menggunakannya, namun jika dilihat dari perbedaan aplikasi ini dengan versi resmi tentu memunculkan keinginan untuk mencoba pakai dan merasakan sensasi Whatsapp modifikasi.

  • Fitur yang Disediakan

Sebenarnya versi resmi sudah punya banyak fitur yang menarik. Hanya saja beberapa keinginan pengguna masih belum terakomodir dengan baik.

Contoh untuk fitur sharing dokumen masih terbatas untuk beberapa jenis file saja, seperti jpeg, pdf, excel, word, zip. 

Sedangkan untuk versi modifikasi sudah mengakomodir lebih banyak jenis file untuk dibagikan langsung melalui chatting. Sehingga mempermudah pekerjaan kamu, yang menuntut pengiriman berbagai dokumen kepada siapapun tanpa harus menggunakan perangkat komputer.

  • Karakter Tulisan

Jumlah karakter tulisan untuk satu kali chatting pada versi resmi terbatas 144 karakter saja, jika berlebih maka kamu harus mulai mengirim pada chat selanjutnya.

Berbeda dengan versi modifikasi, dimana kamu bisa menulis pesan sepanjang yang kamu mau pada satu halaman chat. Tidak terbatas dan tidak harus terpotong pada chat selanjutnya.

Ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sering membagikan informasi penting pada grup-grup Whatsapp, sehingga penerima pesan langsung menerima informasi dalam satu pesan sekaligus.

  • Emoji yang Tersedia

Whatsapp versi resmi memiliki emoji standar yang sudah langsung tersedia dan dapat digunakan, ketika kamu mengunduh pertama kali. Kalau mau menambah emoji, harus mengunduh dari aplikasi lain dan menempelkannya pada fitur emoji Whatsapp untuk bisa dipakai sesuai kebutuhan.

  • Fitur Privasi

Pada Whatsapp resmi fitur privasinya terbatas untuk siapa saja yang boleh membaca status, melihat foto profil, dan melihat kapan kamu online.

Ada penambahan fitur privasi yang disediakan oleh versi modifikasi, kamu bisa menyembunyikan tombol telepon Whatsapp jika tidak ingin berkomunikasi dengan orang tertentu. Jadi, ketika sibuk dan tidak ingin diganggu maka orang tertentu tidak dapat menghubungi Anda.

  • Fitur Backup

Backup file merupakan salah satu fitur, yang dibutuhkan untuk menyimpan data penting pada aplikasi Whatsapp secara berkala. Pada versi resmi, fitur ini sudah tersedia namun untuk proses backup terkadang butuh waktu lama dan perlu menggunakan jaringan internet Wifi agar lebih cepat.

Sedangkan untuk fitur modifikasi, proses backup dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi Royal Whatsapp? Kamu bisa mempertimbangkan dari informasi di atas, apakah akan aman dan nyaman menggunakannya atau bertahan menggunakan versi resmi saja.

Sumber Lainnya :