MB WhatsApp : Fitur & Link Download Mod Apk Paling Akurat

MarlinBooking.co.id – MB WA adalah aplikasi modifikasi WhatsApp original yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Berbeda dengan versi aslinya, MB WA hadir dengan ragam fitur dan fungsi yang lebih kompleks. Tidak mengherankan apabila aplikasi Mod ini sangat digemari oleh penggemar setiap WhatsApp.

Salah satu daya tarik utama MB WA yang membuatnya sangat digandrungi adalah karena mengusung tampilan seperti pada perangkat dengan sistem operasi iOS. Kalau kamu kebetulan mengidamkan ponsel terbaru besutan Apple namun belum kesampaian, aplikasi ini bisa jadi pilihan.

Selain itu, MB WA juga menghadirkan ragam tema keren yang dapat diakses secara gratis oleh pengguna. Menariknya lagi, di aplikasi ini juga tersedia kolom search bar yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pencarian. Sedangkan di sisi bawah terdapat bar status, pengaturan, dan kamera.

Fitur Fitur Keren MB WhatsApp 2022

mb-whatsapp-apk

Secara umum, fitur-fitur yang diusung MB WA sebenarnya tidak begitu berbeda dengan feature dari aplikasi WhatsApp Mod lain, seperti OGWhatsApp, GB WhatsApp, YoWhatsApp, dan sebagainya. Namun, ada beberapa perbedaan fitur yang cukup mencolok dari MB WA.

Supaya tidak penasaran, di bawah ini adalah daftar fitur keren terlengkap MB WA:

  • Tersedia Ribuan Tema Menarik

Kalau pada aplikasi WhatsApp original pengguna hanya dapat memilih dua opsi tema. Beda ceritanya jika menggunakan MB WA. Terdapat ribuan tema seperti iOS super keren dan kekinian yang dapat kamu pilih. Dengan begitu, tampilan WhatsApp tidak terlihat membosankan lagi.

  • Mengirim Pesan Tanpa Perlu Menyimpan Nomor Penerima

Tidak bisa dipungkiri, bahwa salah satu hal paling menyebalkan dari penggunaan WhatsApp original adalah karena kamu harus menyimpan nomor orang yang hendak dikirimi pesan terlebih dahulu.

Namun, hal ini tidak akan kamu alami saat menggunakan MB WA. Dengan kata lain, kamu bebas berkirim pesan dengan siapa saja tanpa perlu repot menyimpan nomor penerima chat tersebut.

  • Menonaktifkan Forward Messages

Umumnya, chat yang dikirim dari pengguna WhatsApp lain dapat disalin maupun diteruskan pada orang lain lagi. Akan tetapi, di MB WhatsApp kamu bisa memilih opsi menonaktifkan Forward Messages. Dengan begitu, pesan yang kamu kirimkan tidak bisa diteruskan ke pihak lain.

Keberadaan fitur ini tentu sangat berguna, khususnya jika pesan yang dikirimkan bersifat pribadi dan kamu tidak ingin ada orang lain yang tahu atau membacanya.

  • Menampilkan Pesan Terhapus

Kamu mendapatkan chat dari seseorang, namun orang tersebut menghapus pesan sebelum kamu sempat membacanya? Tentu hal ini akan membuat penasaran. Jika kamu menggunakan MB WA, maka kamu tidak akan mengalami hal ini lagi karena MB memiliki fitur menampilkan chat terhapus.

  • Menyembunyikan Status Online

Di aplikasi MB WA, kamu bebas online kapan saja tanpa diketahui oleh siapapun. Tidak bisa dipungkiri, bahwa keberadaan fitur ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna.

Seperti diketahui, sebagian orang memang lebih suka melakukan berbagai aktivitas di aplikasi perpesanan tanpa diketahui pengguna lain. Selain faktor kenyamanan, online tanpa diketahui juga membuat privasi lebih terjaga. Sebab tidak akan ada yang mengganggu kamu.

  • Menonaktifkan Terakhir Dilihat

Saat membuka room chat dengan seseorang melalui WhatsApp, maka kamu bisa mengetahui kapan terakhir kali orang tersebut online. Jika kamu merasa kurang nyaman dengan hal ini, maka dapat menonaktifkan terakhir kali dilihat agar orang lain tidak tahu kapan terakhir kamu online.

  • Mengatur Siapa Saja yang Dapat Menghubungi

Pengguna WhatsApp original pasti sudah paham kalau tidak bisa mengatur siapa saja yang boleh dan tidak boleh menghubungi kamu. Jadi, kamu tidak dapat menolak panggilan masuk maupun pesan dari orang yang tidak dikehendaki, terlebih jika datangnya dari nomor tidak dikenal.

Di MB WA, kamu bisa dengan mudah mengatur siapa yang bisa menghubungi atau tidak. Pasalnya, aplikasi ini mempunyai fitur blacklist otomatis yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

  • Mendukung Pengiriman File Berukuran Besar

Kamu pasti paham, kalau dukungan pengiriman file pada aplikasi WhatsApp resmi sangat terbatas. Oleh karena itulah, jika ingin mengirim file dengan ukuran besar, maka bisa menjadikan MB WhatsApp sebagai solusinya. Aplikasi ini support pengiriman file dengan kapasitas hingga 21 MB.

  • Dapat Mengirim Banyak Gambar

Merasa bosan dan lelah saat harus berbagi file foto melalui WhatsApp original karena hanya bisa mengirim maksimal 10 gambar? Jangan khawatir, MB WA punya solusi untuk kamu. Dengan dukungan pengiriman puluhan gambar sekaligus, maka kamu tidak perlu lagi kirim foto satu persatu.

  • Menyembunyikan File Multimedia pada Galeri

Saat menerima pesan berupa file gambar atau video di WhatsApp, biasanya akan otomatis tersimpan pada folder galeri. Apabila dibiarkan, maka bisa membuat storage jadi penuh.

Bagi pengguna MB WA, kamu bisa dengan mudah menonaktifkan opsi penyimpanan file multimedia ke galeri. Jadi, semua file yang diterima tidak akan diunduh dan masuk pada galeri.

Kelebihan dan Kekurangan MB WhatsApp Mod Apk

download-mb-whatsapp-2022

Penggunaan suatu aplikasi tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, termasuk aplikasi modifikasi MB WA. Terlebih lagi, mengingat bahwa MB WA adalah aplikasi yang dirilis pihak ketiga. Karenanya, sebelum menggunakan MB WA, kamu perlu tahu apa keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihan MB WA

Berikut ini adalah beberapa kelebihan MB WA yang pasti dirasakan oleh setiap pengguna:

  • Hadir dengan berbagai macam opsi tema iOS menarik.
  • Mendukung pengiriman file ukuran besar.
  • Dapat menyembunyikan status online serta terakhir dilihat.
  • Bisa digunakan mengirim banyak gambar sekaligus.
  • Pengguna dapat menggunakan dua akun.
  • Memudahkan pengguna mengatur siapa yang bisa menghubungi.

Kekurangan MB WA

Dibalik semua kelebihan yang telah dijabarkan di atas. Faktanya, MB WA juga memiliki banyak kekurangan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • MB WA adalah aplikasi tidak resmi (ilegal).
  • Rawan terhadap tindak kejahatan phising.
  • Akun WhatsApp berpotensi terkena banned.
  • Proses download dan instalasi manual.
  • Sistem keamanan diragukan karena tidak memiliki lisensi.

Link Download dan Panduan Pengunduhan MB WA

kelebihaan-mb-whatsapp

Kamu ingin merasakan pengalaman lebih seru dan menyenangkan saat menggunakan aplikasi perpesanan populer WhatsApp? Kamu bisa memilih MB sebagai salah satu alternatif pilihan.

Seperti telah disebutkan, bahwa aplikasi MB WhatsApp hadir dengan segudang fitur unggul demi memberikan kenyamanan pada semua pengguna. Hanya saja, proses pencarian aplikasi yang harus dilakukan secara manual memang kerap membuat bingung calon pengguna.

Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik menggunakan MB WA, namun tidak tahu harus memilih opsi aplikasi yang mana. Di bawah ini adalah link download yang bisa kamu pertimbangkan:

Nama Aplikasi WhatsApp Mod
Pengembang
Ukuran File 52.23 MB
Terakhir Update 2021
Versi 3.6.2
Requirements Android 4+
Link Download https://www.file.pondband.net/whatsapp-mod/ 

 

Sementara itu, untuk langkah-langkah pengunduhan dan pemasangan MB WA, kamu bisa menerapkan panduan mudah dan praktis di bawah ini:

  • Unduh aplikasi MB WA melalui link tersedia dalam tabel.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, buka menu “Pengaturan” di ponsel.
  • Tap bagian “Keamanan”.
  • Aktifkan “Sumber Tidak Dikenal” dengan cara centang checkbox.
  • Buka file MB WA yang telah di download.
  • Tap “Install” untuk memulai proses pemasangan file.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Buka aplikasi MB WA dan sekarang kamu bisa bebas menikmati berbagai fitur keren yang terdapat di dalamnya.

Cara Menggunakan MB WA untuk Pemula

mb-wa-android

Bagi yang belum pernah menggunakan aplikasi WhatsApp Mod, mungkin bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi MB WA? Sebenarnya, tidak ada banyak perbedaan antara penggunaan MB WA dengan WA original. Untuk lebih jelasnya, simak panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp MB.
  • Masukkan nomor hp untuk kepentingan verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.
  • Aplikasi akan otomatis terbuka dan kamu bisa menikmati ragam fitur yang ada.

Akun MB WA Tidak Dapat Digunakan Mengirim Pesan? Ini Solusinya!

Secara umum, MB WhatsApp sebenarnya minim mengalami error. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menyebabkan apk mod ini mengalami error sehingga mengganggu kenyamanan pengguna.

Kalau kebetulan kamu mengalami kejadian kurang menyenangkan, seperti aplikasi MB WA selalu gagal dalam mengirim pesan. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa solusi mudah ini:

  • Update Aplikasi

Kalau pesan yang dikirimkan selalu gagal, mungkin hal tersebut dikarenakan versi aplikasi MB WA yang kamu gunakan adalah versi lama. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan pembaruan (update) aplikasi. Update versi barunya bisa dilakukan melalui situs pertama kamu mengunduhnya.

  • Menghapus Data Aplikasi WA MB

Jika aplikasi MB WA kamu bermasalah, maka menghapus data aplikasi bisa menjadi alternatif solusinya. Caranya sangat sederhana, yakni sebagai berikut:

  1. Buka “Settings”
  2. Pilih “Application”
  3. Tap “WhatsApp”
  4. Pilih opsi “Storage”
  5. Tap “Delete Data”
  6. Pilih “OK”
  • Restart Ponsel

Cara simple lain untuk mengatasi error yang terjadi di MB WA adalah dengan melakukan restart smartphone. Mungkin saja terdapat penumpukan cache dan RAM yang membuat ponsel bermasalah. Restart juga biasanya bisa menghadapi berbagai kejadian error lain menyangkut penggunaan apk.

  • Pastikan Nomor yang Digunakan Tidak Diblokir

Kamu harus memastikan kalau nomor handphone yang dipakai masih aktif dan tidak diblokir oleh WhatsApp resmi. Jika nomor terblokir, sudah jelas tidak akan bisa digunakan lagi.

Kenali Masalah yang Sering Dihadapi Pengguna MB WhatsApp dan Cara Mengatasinya

review-mb-wa

Seperti halnya aplikasi lain, pengguna software modifikasi MB WA juga tidak terlepas dari mengalami beberapa error yang kerap kali sulit dihindari. Oleh sebab itulah, sebagai smart user kamu harus memahami apa saja masalah yang berpotensi terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Di bawah ini adalah beberapa error yang biasa terjadi pada pengguna MB WA beserta solusinya:

  • Aplikasi Tidak Mengenali Kontak Kamu

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi tidak mengenali kontak kamu. Untuk memastikan, kamu dapat memeriksa kembali kontak tersebut apakah digunakan untuk WhatsApp atau tidak. Selain itu, pastikan kamu sudah update aplikasi ke versi terbaru.

  • Tidak Bisa Memutar Video

Seorang teman atau kerabat mengirim file video tapi kamu tidak dapat membukanya? Biasanya, masalahnya hanya ada dua. Pertama, kesalahan sambungan atau koneksi internet tidak stabil. Kedua, kamu belum melakukan pembaharuan aplikasi dalam waktu cukup lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja kamu harus terlebih dahulu mengecek stabilitas koneksi internet. Kalau ternyata tidak ada masalah, maka bisa mencoba untuk update ke versi paling baru aplikasi. Karena biasanya, terdapat perubahan kebijakan di masing-masing versi MB WA.

  • MB WA Tidak Dapat Diinstal

Perlu diingat, salah satu kunci sukses mengunduh dan memasang MB WA di perangkat smartphone adalah, kamu harus mempunyai ponsel dengan versi sesuai kebijakan pengembang. Kalau spesifikasi ponsel kamu lebih rendah dari yang diminta, wajar apabila terjadi gagal penginstalan.

  • Tidak Bisa Terhubung

Masalah ini biasanya disebabkan WiFi atau koneksi jaringan tidak stabil. Akan tetapi, kalau setelah melakukan pemeriksaan ternyata tidak ada masalah pada sambungan internet. Kamu bisa beralih dengan menghapus cache aplikasi melalui bagian pengaturan supaya WA MB dapat diakses.

Apakah MB WA Aman Digunakan?

mb-whatsapp-ios

MB WA adalah aplikasi versi modifikasi yang dikembangkan pihak ketiga dan tidak memiliki izin resmi. Oleh sebab itulah, tidak ada jaminan keamanan dalam penggunaan aplikasi ini. Berbeda dengan WhatsApp original yang sudah mempunyai file security dan lisensi.

Jika kamu ingin menggunakan MB WhatsApp disarankan supaya dipakai untuk keperluan mengobrol biasa dengan isi percakapan bersifat umum. Sementara untuk kepentingan bisnis maupun personal, lebih baik menggunakan WhatsApp resmi yang sudah terjamin keamanannya.

Lantas, apa saja risiko penggunaan software WhatsApp Apk Mod, seperti MB? Temukan jawabannya di bawah ini!

  • Infeksi Vilus

Apk Mod mempunyai risiko keamanan cukup rendah. Hal tersebut dikarenakan enkripsi awal yang dibuat pengembang resmi sudah diubah sehingga mengakibatkan terdapat kecacatan.

Tidak menutup kemungkinan ada modofikasi yang memasukkan vilus dalam aplikasi mod tersebut. Kalau sampai kamu salah pihak WA mod, maka perangkat berpotensi terinfeksi virus. Lebih lanjut, serangan vilus dan malw*re dapat menyebabkan pada software hingga hardware ponsel.

  • Diblokir

Penggunan MB WA secara berlebihan berpotensi membuat akun kamu diblokir secara sementara atau permanen oleh developer WhatsApp resmi. Apalagi, kalau kamu menggunakan dua aplikasi WA untuk satu nomor ponsel. Adanya aktivitas mencurigakan pasti akan diketahui oleh pengembang.

  • Ancaman Privasi

Menginstal aplikasi MB WA dari situs tidak bertanggung jawab bisa membuat privasi pengguna terancam. Hingga saat ini, tidak sedikit pengguna aplikasi mod yang terkena kejahatan phising. Oleh karenanya, selalu berhati-hati dalam memilih situs untuk mengunduh aplikasi besutan pihak ketiga.

  • Adw4re

Tidak bisa dipungkiri, bahwa pihak modifikator past ingin mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang telah diubah strukturnya. Salah satu cara yang umum digunakan adalah dengan menempatkan iklan. 

Keberadaan iklan dalam bentuk pop up yang bisa muncul kapan saja tersebut tentu cukup mengganggu aktivitas penggunaan smartphone, sehingga menjadi kurang nyaman.

  • Merugikan Developer Aplikasi Resmi

Bagaimanapun juga, keberadaan MB WA bisa merugikan developer dari aplikasi WhatsApp original. Pasalnya, pengembang aplikasi mod akan mengganti, mengubah, hingga menghapus bagian struktur enkripsi data buatan developer resmi. Wajar apabila apk mod kerap disebut aplikasi bajakan.

Dalam ha ini, pengembang apk mod diuntungkan melalui berbagai transaksi luar atau dalam aplikasi. Contohnya, microtransaction untuk perubahan tampilan atau penambahan fitur, hingga perpanjangan masa penggunaan. Namun, disisi lain akan merugikan developer aplikasi original.

Menggunakan MB WhatsApp sebagai aplikasi WA cadangan sebenarnya sah-sah saja, mengingat apk mod ini mengusung ragam fitur tambahan yang lebih kompleks. Hanya saja, disarankan supaya menghindari pemakaian berlebihan dan jangan sampai membagi data pribadi pada aplikasi tersebut.

Lihat Juga :