Begini Cara Mengatasi Lupa Password Siharka Dengan Mudah!

Lupa password Siharka memang selalu dialami oleh kebanyakan orang, khususnya bagi mereka yang memiliki jumlah kekayaan diatas rata-rata. Aparatur Sipil Negara atau ASN, memang terkenal dengan kekayaan yang cukup fantastic dimata banyak orang.

Karena dengan inilah pemilik kekayaan tersebut harus mengetahui jumlah harta yang dimilikinya, karena ini juga termasuk dalam aturan yang diberlakukan di sebuah negara. Seiring dengan berjalannya waktu, kini para anggota ASN bisa menafsirkan kekayaan dengan mudah.

Sebab saat ini sudah ada aplikasi Siharka, yang mana kemampuan dari aplikasi ini adalah mengetahui jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara. Tapi dikarenakan layanan ini berupa aplikasi, tentu kejadian mengenai lupa password Siharka sangat sering dialami.

Dengan inilah kami menyediakan artikel tentang cara mengatasi Lupa Password Siharka, agar Anda semua sebagai pelaku ASN dapat mengetahui caranya. Tapi sebelum itu Anda simak dulu artikel yang ada di bawah ini, sebab ulasan mengenai Siharka telah tercantum di dalamnya.

Memang Apa Sih Siharka itu?

batas akhir pelaporan siharka 2022

Agar sebuah artikel yang kami sajikan ini memiliki penjelasan yang lengkap, maka tidak ada salahnya jika kita membahas tentang fakta aplikasi Siharka. Dikarenakan banyak calon pengguna diluaran sana, yang merasa kebingungan tentang fungsi sebenarnya dari aplikasi ini.

Jadi Siharka adalah sebuah aplikasi pengelola kekayaan, yang diresmikan langsung oleh pemerintah sebagai pengawas kekayaan ASN. Masing-masing anggota ASN yang ada di Indonesia, perlu mempertanggungjawabkan segala kekayaan yang dimilikinya.

Jadi dengan adanya aplikasi ini, setiap anggota ASN dapat melaporkan semua masalah kekayaan yang dimiliki dengan sangat mudah dan akurat. Pertanggungjawaban yang perlu dilakukan oleh anggota ASN ini, memang sudah berlangsung cukup lama.

Dan salah satu tujuan dari pertanggung jawaban tersebut, adalah mengetahui jumlah kenaikan harta yang dimiliki sebelum dan sesudah menjadi ASN. Nah, bagi Anda yang termasuk dalam Aparatur Sipil Negara, maka mulai sekarang bisa memanfaatkan aplikasi Siharka.

Karena dengan aplikasi ini, Anda semua bisa mengetahui jumlah harta yang Anda miliki dan melaporkanya ke pemerintah yang mengurusi hal ini. Oh iya, Siharka itu memiliki sebuah kepanjangan lo. Yang mana kepanjangan dari Siharka adalah Sistem Informasi Pelaporan Harta.

Begina Cara Mengatasi Lupa Password Siharka Yang Benar

lupa password dan email siharka

 

Hampi semua orang yang menggunakan aplikasi apapun selain Siharka, tentu sering sekali mengalami lupa password terhadap akun yang dimiliki. Jadi baik itu aplikasi media sosial, hiburan, sampai dengan aplikasi perbankan pun terkadang sering merasa lupa dengan password yang dibuat.

Beberapa diantara Anda mungkin sudah tau tentang cara mengetahui lupa password pada beberapa aplikasi yang admin maksud di atas. Tapi untuk mengetahui lupa password pada aplikasi Siharka, mungkin Anda semua masih merasa bingung dalam mengatasinya.

Dalam memecahkan masalah yang seperti ini memang membutuhkan pengetahuan khusus, jadi memang solusi yang tepat apabila Anda mencari tahu tentang hal ini. Gimana, apakah Anda semua sudah tidak sabar untuk mengetahui caranya? Jika tebakan admin benar, maka Anda bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Di langkah pertama silahkan Anda buka Browser yang ada di Hp mu.
  • Kemudian kunjungi website Siharka dengan mengakses link berikut : siharka.menpan.go.id
  • Pada tampilan login langsung saja Anda klik di bagian opsi Lupa Password.
  • Lanjut dengan memasukan Nomor Induk Pegawai atau bisa disebut dengan Username ke dalam kolom yang tersedia. Kemudian Anda masukan juga Email yang terhubung dengan Siharka.
  • Habis itu pastikan bahwa semua data yang dibutuhkan sudah lengkap dan Anda pun bisa mengklik salah satu tombol bertuliskan Submit.
  • Isikan kode unik atau Captcha yang muncul di layar tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai nantinya Password akan dikirim ke dalam email Anda.
  • Silahkan masuk atau Login ke email Anda, lalu buka menu Pesan untuk mengetahui Password dari akun Siharka Anda.
  • Anda simpan baik-baik Password yang diberikan dan beralih lagi ke dalam situs siharka.menpan.go.id
  • Anda isikan setiap kolom login lalu isi ulang captcha yang tersaji.
  • Selesai, kini password dari akun Siharka Anda sudah kembali.

Setiap langkah-langkah yang admin berikan, pastikan bahwa anda semua dapat mengikutinya dengan benar, sebab jika ada satu kesalahan pun maka bisa saja proses pengembalian password akan gagal.

Simak Cara Pengisian Harta Kekayaan di Siharka

simak cara pengisian harta kekayaan di siharka

Seperti yang kalian tahu, bahwasannya Siharka merupakan platform untuk membantu pegawai ASN, dalam menginformasikan jumlah kekayaan yang dimilikinya. Dan biasanya proses ini selalu dilakukan secara berkala, sesuai dengan ketetapan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Memiliki akun Siharka tentu akan memudahkan Anda semua, sebab dalam pelaporan harta yang dimiliki Anda bisa melakukannya melalui HP saja. Lalu keuntungan yang kalian dapatkan juga apabila memiliki akun Siharka, yaitu ketepatan dalam melaporkan jumlah kekayaan yang dimiliki.

Nah, setelah proses pengembalian password yang lupa sudah Anda pahami, maka Anda semua bisa melanjutkan untuk mengetahui cara pengisian Siharka yang benar. Sebab untuk pengguna baru yang masih awal dalam menggunakan aplikasi, mungkin masih agak kebingungan dengan tahapan yang harus dilakukan.

Lagi-lagi disini Anda semua tidak perlu khawatir, sebab admin akan memberikan tutorial mengenai cara pengisian Siharka atau jumlah kekayaan yang benar. Jadi langsung saja Anda cermati dan ikuti beberapa langkah-langkah mudahnya, melalui sebuah tutorial yang telah admin sajikan sebagai berikut.

  • Pertama Anda buka terlebih dahulu halaman http://siharka.menpan.go.id/ melaui browser yang ada di perangkat Anda.
  • Kemudian Isi Username dan juga Password yang sudah Anda terima dari masing-masing instansi.
  • Ketika sudah berada di tampilan utama maka Anda bisa mengklik di bagian Laporan Baru.
  • Nah, nantinya akan muncul Form baru yang perlu Anda isi sesuai dengan kekayaan yang dimiliki.
  • Habis itu Anda bisa mengklik tombol Simpan.
  • Apabila Anda ingin memasukan data Suami/Istri, maka Anda bisa klik di bagian menu Input Baru.
  • Dan ketika semua form kekayaan sudah di isikan, maka Anda semua bisa mengakhiri proses dengan mengklik tombol bertuliskan Kirim ke Inspektorat.

Pada proses penyerahan data yang admin jelaskan tadi, harap isikan semua form kekayaan Anda dengan benar. Sebab pihak dari Inspektorat, akan selalu berharap bahwa data atau form kekayaan yang Anda laporkan tersebut adalah data yang benar dan akurat.

Ternyata Ini Tujuan dan Manfaat Siharka Menpan

layanan untuk mengetahui kekayaan asn

Layanan apapun yang diberlakukan oleh pemerintah, tentu memiliki tujuan utama sehingga mewajibkan setiap pegawai ASN untuk melaporkan kekayaan yang dimilikinya. Sebuah layanan yang dibuat oleh kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi ini, tentu memiliki tujuan dan manfaat yang besar di dalamnya.

Dimana untuk tujuan tersebut pasti sangatlah positif, dan untuk manfaatnya sendiri tentu akan dirasakan juga oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Nah, jadi salah satu tujuan dari terbentuknya Siharka ini, yaitu untuk mencegah adanya tindak kejahatan korupsi yang dilakukan oleh pegawai ASN.

Sebab berbagai informasi pernah menyampaikan, bahwasanya hampir semua pegawai ASN itu memiliki kekayaan yang cukup menggiurkan bagi semua orang. Terlebih lagi jumlah kekayaan yang dimilikinya tersebut, terjadi setelah calon pegawai ASN diterima dan menjadi pegawai yang resmi.

Jadi untuk mengurangi serta memberantas kejahatan korupsi di Indonesia, pemerintah menciptakan layanan ini dan wajib untuk digunakan oleh semua pegawai Aparatur Sipil Negara. Nah, jadi buat Anda yang tergabung dalam ASN namun belum terdaftar ke dalam layanan ini, maka admin mengharapkan agar ANda bisa segera mendaftar.

Simak juga artikel berikut :