Lihat Update Terbaru Limit Data Internet Fup indihome 2022

Hampir semua orang di berbagai belahan dunia menggunakan jaringan Internet sebagai sarana aktifitas mereka, begitu juga di Indonesia. Jaringan internet yang paling banyak penggunanya adalah Indihome, namun setiap penggunaan internet tersebut memiliki limit batasan atau yang sering disebut dengan FUP Indihome.

Oleh karena itu penting untuk kalian ketahui batasan-batasan FUP indihome tersebut karena dalam layanan indihome terdapat 2 tahap batasan FUP.

Hal ini juga dilakukan oleh pihak indihome untuk menjaga kestabilan jaringan internetnya. Namun sayangnya untuk sebagian pengguna FUP ini akan mempengaruhi aktifitas penggunaan internet.

Jadi jika kamu merupakan pelanggan layanan indihome, kamu harus tau berapa kecepatan internet yang kamu gunakan sebelum kecepatan tersebut turun sesuai dengan batasan FUP Indihome.

Nah buat kamu yang mau tau cara cek FUP indihome dan berapa saja batasan FUP terbaru tersebut berikut ini informasi lebih jelasnya.

FUP Indihome

Daftar FUP Indihome

Sebelum kita membahas cara cek batasan FUP indihome, mari kita kenal terlebih dahulu apa itu FUP. FUP adalah batas pemakaian internet sewajarnya atau dengan kata lain fair usage policy.

Jadi intinya setiap jaringan internet memiliki batasan-batasan limit penggunaan yang sudah ditentukan sesuai dengan kebijakan layanan.

Tidak terlepas untuk penggunaan Indihome saja, layanan internet lainnya pun memiliki batasan fup juga seperti telkomsel, indosat, 3, xl dan layanan operator lainnya.

Batasan FUP ini akan ditentukan berdasarkan kecepatan internet yang saat ini sedang digunakan. Bahkan layanan kuota unlimitedpun memiliki batasan FUP.

Sebagai contoh jika kamu menggunakan layanan internet dengan paket kecepatan 20Mbps, kemudian setelah kamu menggunakan layanan tersebut lebih dari 500GB kecepatan internet akan mengalami penurunan sebesar 10Mbps.

Kecepatan tersebut akan di reset atau kembali normal lagi berdasarkan tanggal jatuh tempo pembayaran. Jadi kalau jaringan internet kamu mengalami penurunan kamu gak perlu terburu-buru untuk segera melaporkannya karena hal ini sangatlah wajar.

Nah untuk melakukan pengecekan batasan FUP Indihome, kamu bisa lihat pembahasan berikut ini.

Cara Cek Batasan FUP Indihome

Kamu bisa cek berapa batasan FUP dan berapa besar kuota yang sudah digunakan selama bulan ini. Cara ini bisa kamu lakukan menggunakan Android, PC, dan perangkat iOS.

Namun untuk mengeceknya, pastikan kamu sudah berlangganan indihome dan memiliki nomor jaringannya. Jika sudah untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah yang sudah kami berikan dibawah ini.

Menggunakan Aplikasi MyIndihome

Aplikasi MyIndihome

Cara yang pertama kamu bisa melihat sisa kuota atau FUP bulanan dari aplikasi MyIndihome. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut.

  • Pertama buka aplikasi Playstore atau AppStore.
  • Masukkan kata kunci MyIndihome dan pilih hasil pencarian yang pertama.
  • Lakukan penginstalan aplikasi MyIndihome dan tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah aplikasi selesai terinstal, buka aplikasi tersebut.
  • Dihalaman utama masukkan alamat email/nomor telepon besarta pasword untuk melakukan login.
  • Jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil masuk, pilih halaman beranda dan pilih Lihat Rincian sesuai dengan peket data langganan kamu.
  • Disini kamu bisa melihat seluruh rincian pemakaian internet yang sudah kamu gunakan selama sebulan termasuk batasan FUP.

Cara diatas bisa kamu terapkan menggunakan perangkat smartphone android dan ios karena aplikasi myindihome saat ini belum tersedia untuk perangkat PC/laptop.

Cek FUP Indihome Melalui Situs Resminya

situs resmi Indihome

Selain dengan menggunakan aplikasi, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk pengecekan batas FUP indihome yaitu langsung mengakses dari situs website resminya.

Cara ini pada dasarnya ditujukan untuk para pengguna PC, namun karena smartphone memiliki aplikasi web browser juga maka para pengguna Android dan ios juga bisa melakukannya.

Nah untuk mengetahui limit pemakaian Indihome dan untuk mengetahui sisa pemakaian FUPnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama buka aplikasi web browser, kamu bisa menggunakan web browser jenis apa saja baik itu chrome, opera, atau bahkan uc browser.
  • Kemudian di kolom url ketikkan Indihome.co.id.
  • Setelah website terbuka, pilih menu MyIndihome di bagian paling atas sebelah kanan.
  • Selanjutnya masukkan nomor posel atau alamat email yang digunakan saat melakukan pendaftaran.
  • Jika kamu melakukan login menggunakan nomor posel, sistem akan mengirim 4 angka kode verifikasi dan kamu harus memasukan kode tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Setelah berhasil login, untuk mengecek limit pemakaian dan batasan FUP pilih menu Lihat Detail.
  • Selanjutnya pilih menu Penggunaan untuk melihat detail penggunaan lebih terperinci termasiuk FUP Indihome.

Cara ini berbeda dari cara yang pertama dan kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini untuk melihat detail penggunaan yang lebih terperinci dari pada menggunakan aplikasi.

Menghubungi Layanan Operator

Saat kamu sudah mencapai batas penggunaan FUP kecepatan internet pun akan menjadi lemot, bahkan untuk mengakses situs MyIndihome pun harus menunggu waktu yang sukup lama.

Nah kalau kamu mengalamai hal seperti ini, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk cek batasan FUP indihome tanpa menggunakan internet, yaitu dengan menghubungi langsung layanan indihome.

Sebenarnya layanan ini gak cuma via telpon saja kamu bisa menghubingi customer indihome dari aplikasi media sosial seperti facebook dan twiter.

Namun karena terbatasan koneksi, kamu juga bisa menghubungi layanan cutomer service indihome langsung ke nomor 147.

Kemudian setelah terhubung dengan opertor layanan service, kamu bisa menanyakan berapa jumlah FUP pemakain indihome di ulan ini.

Nantinya operator akan meminta nomor langganan indihome yang tertera di perangkat router yang kamu gunakan. Jadi persiapkan nomor tersebut sebelum melakukan panggilan ke layanan service Indihome.

Cek FUP Menggunakan Layanan SMS

Selain itu juga kamu bisa cek pemakain FUP indihome dengan cara mengirimkan sms ke 98108. Tapi jangan lupa untuk mengisi isi sms menggunakan format yang sudah ditentukan.

Kamu bisa mengirim sms dengan format pesan sebagai berikut :

ISP (spasi ) IH (spasi) kode area + nomor HP yang sudah terdaftar.

Jika sudah mengirim pesan sesuai dengan format diatas, kamu akan mendapatkan balasan berupa jumlah pemakaian dan sisa FUP saat ini.

Tapi jika kamu gak mau repot kamu juga bisa langsung melihat daftar FUP terbaru dari indihome di pembahasan berikut.

Batas Kecepatan Internet Indihome Setelah Mencapai FUP

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya batasan FUP Indihome ini berbeda-beda dan akan mengikuti jumlah paket layanan indihome yang digunakan.

Ketika sudah mencapai limit penggunaan kecepatan internet secara otomatis akan diturunkan. Penurunan akan terjadi sebanyak 2 kali pembatasan.

Nah kareana batasan dan kecepatan sangat berkaitan dengan paket layanan, untuk membedakan dan untuk mengetahuinya kamu bisa lihat penjelasan dibawah.

Paket Layanan IndiHome Batas FUP Tahap 1 Kecepatan Jaringan Internet Batas FUP Tahap 2 Kecepatan Jaringan Internet
10 Mbps 300 GB 7.5 Mbps 400 GB 4 Mbps
20 Mbps 500 GB 15 Mbps 800 GB 8 Mbps
30 Mbps 700 GB 22.5 Mbps 1200 GB 12 Mbps
40 Mbps 900 GB 30 Mbps 1600 GB 16 Mbps
50 Mbps 1200 GB 37.5 Mbps 2000 GB 20 Mbps
100 Mbps 2000 GB 50 Mbps

 

Berdasarkan tabel diatas, jika sudah mencapai tahap batasan FUP ke-1 rata-rata penurunan kecepatan internet akan berkurang skitar 25% dari paket layanan yang kamu gunakan.

Dan jika kamu sudah mencapai batas penggunaan Fair Usage Policy ( FUP ) tahap ke-2 kecepatan internet akan berkurang lagi sebesar 60% dari penggunaan paket layanan Indihome.

Jadi bisa disimpulkan seperti berikut.

FUP IndiHome Paket Internet 10 Mbps

Untuk semua pengguna Indihome yang berlangganan paket internet dengan kecepatan 10 Mbps, batas minimal pemakaian wajarnya adalah sebesar 300 GB.

Jika penggunaan lebih dari batas tersebut maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 7.5 Mbps atau sebesar 75% dari kecepatan awal.

Dan jika pemakaian lebih dari 400 GB maka kecepatan internet akan diturukan lagi menjadi 4 Mbps atau sebesar 40% dari kecepatan awal.

FUP IndiHome Paket Internet 20 Mbps

Selanjutnya untuk pengguna yang berlangganan paket internet indihome dengan kecepatan 20 Mbps, kamu bisa menikmati layanan tersebut dengan batasan pemakaian wajar sebesar 500 GB.

Jika kamu menggunakan layanan ini lebih dari 500 GB, maka kecepatan akan berubah menjadi 15 Mbps atau sebesar 75% dari kecepatan awal.

Dan kalau kamu menggunakannya lebih dari 800 GB maka kecepatan akan berubah menjadi 8 Mbps atau akan diturunkan sebesar 60% dari kecepatan awal.

FUP IndiHome Paket Internet 30 Mbps

Berbeda kalau kamu berlangganan paket internet indihome dengan kecepatan 30 Mbps, paket ini memberikan layanan batas pemakaian wajar sebanyak 700 GB dalam sebulan.

Jika pemakaian lebih dari 700 GB dalam sebulan, kecepatan internet akan diturunkan sebanyak 25% atau sebesar 22.5, dan jika penggunaan lebih dari 1200 GB kecepatan akan diturunkan lagi menjadi 12 Mbps atau sebesar 40% dari kecepatan normal.

FUP IndiHome Paket Internet 40 Mbps

Semakin besar kecepatan internet, maka akan semakin besar pula batasan FUP Indihome yang bisa kamu nikmati. Untuk layanan paket indihome dengan 40 Mbps batasan FUP yang bisa kamu nikamati sebesar 900 GB.

Namun kalau kamu menggunakannya lebih dari 900 GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 30 Mbps. Tapi jika kamu menggunakan internet lebih dari 1600 GB, kecepatan akan diturunkan lagi menjadi 16 Mbps.

FUP IndiHome Paket Internet 50 Mbps

Selanjutnya bagi kamu yang berlangganan paket internet indihome dengan kecepatan 50 Mbps, kamu akan mendapatakan layanan FUP dengan minimal pemakaian wajar sebesar 1200 GB.

Meski batasan penggunaan internet ini sudah tergolong sangat besar, namun masih pihak indihome masih memberikan ketentuan pemakaian wajar tersebut dengan perubahan kecepatan menjadi 37.5 Mbps.

Dan untuk batasan FUP tahap ke-2 kecepatan akan dirubah menjadi 20 Mbps untuk penggunaan sebesar 2000 GB dalam satu bulan.

FUP IndiHome Paket Internet 100 Mbps

Nah yang terakhir adalah layanan indihome dengan kecepatan internet sebesar 100 Mbps. Di layanan ini batas kecepatan FUP Internet akan mengalami perubahan satu kali saja.

Batas FUP untuk layanan indihome 100 Mbps adalah 2000 GB dan jika kamu sudah menggunakan layanan ini lebih dari batas pemakaian wajar tersebut, kecepatan internet kamu akan mengalami penurunan sebesar 50%.

Jadi jika sudah mencapai batasan tersebut koneksi kamu secara otomatis akan mengalami penurunan kecepatan menjadi 50 Mbps.

Cara Melihat Nomor Internet Indihome

Cek Nomor Internet Indihome

Nah karena untuk melihat limit FUP ini diperlukan nomor indihome kamu juga wajib tau gimana cara mengetahui atau cek nomor internet indihome di rumah.

Biasanya nomor internet ini terdiri dari 12 digit angka dan setiap pengguna layanan indihome pasti punya nomor ini karena merupakan ID pelanggan.

Selain untuk melihat FUP ID pelanggan indihome ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti melakukan pembayaran, penambahan data paket, dan bahkan untuk penambahan kecepatan jaringan internet.

Karena pentingnya nomor ini, untuk kamu yang lupa dengan nomor internet indihome atau ID pelanggan, kamu bisa mengetahuinya dengan cara berikut.

Stiker Yang Terpasang Di Router

Cara yang paling mudah untuk melihat nomor pelanggan indihome adalah langsung dari stiker yang terpasang di bagian atas router.

Stiker ini sengaja dipasang oleh pihak indihome untuk memudahkan teknisi saat melakukan instalasi jaringan internet dan juga untuk memudahkan pelanggannya saat melakukan pembayaran.

Nomor ini juga sudah ditentukan sesuai dengan nomor seri perangkan router, jadi jika kamu baru menggunakan layanan indihome, jangan sekali-kali merusak atau melepaskan stiker tersebut.

Namun jika stiker tersebut sudah terlanjur rusak atau terlepas, kamu masih bisa cek nomor internet indihome menggunakan cara berikutnya.

Login Halaman Router Sebagai Admin

Cara mengetahui Id pelanggan indihome selanjutnya adalah dengan cara langsung dari halaman router yang digunakan. Namun cara ini tergolong sedikit rumit karena kamu akan melihat banyak sekali informasi lain terkait konfigurasi router.

Indihome menggunakan dua jenis router yaitu huawei dan router ZTE, setiap router memiliki tampilan menu yang berbeda-beda.

Jadi pastikan untuk mengikuti langkah berikut ini dengan benar, karena jika kamu melakukan kesalahan maka gak menutup kemungkinan koneksi internet kamu akan terputus dari jaringan.

  • Router Huawei

Langkah pertama yaitu pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah terkoneksi dengan router, baik menggunakan jaringan wifi atau langsung menggunakan kabel LAN.

Setelah jaringan sudah terkoneksi, buka aplikasi web browser seperti chrome kemudian masuk ke halaman login router dengan cara mengetikkan alamat 192.168.100.1 pada kolom url.

Nah jika berhasil masuk, kamu akan disuguhkan dengan tampilan halaman login, disini kamu bisa masuk sebagai admin dengan cara mengisi telecomadmin untuk kolom user dan admintelecom untuk kolom password.

Kemudian tekan login untuk masuk kedalam menu kofigurasi router dan pilih menu WAN untuk menampilkan detail informasi.

Di menu ini kamu bisa langsung melihat nomor internet atau id pelanggan indihome di kolom user.

  • Router ZTE

Sebenarnya cara cek nomor pelanggan indihome dari router ZTE ini hampir sama dengan menggunakan router huawei. Hanya saja yang membedakannya dalah tampilan dan alamat ip saat masuk ke menu konfigurasi.

Nah untuk menghindari kesalahan saat mengakses router ZTE, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

Langkah pertama sama seperti cara sebelumnya yaitu kamu harus masuk terlebih dahulu ke halaman login menggunakan aplikasi web browser kemudian ketikkan alamat 192.168.1.1 pada klolom url.

Jangan lupa untuk memastikan kamu sudah terkoneksi dengan router ZTE baik menggunakan kabel LAN atau menggunakan jaringan wifi.

Selanjutnya masukkan username dan password untuk melakukan login menggunakan data yang tertera di bagian belakng router.

Jika berhasil, dihalaman utama kamu bisa memilih menu Network diikuti dengan menu WAN dan menu Wan Koneksi. Kemudian untuk melihat nomor internet pelanggan indihome kamu bisa memilih Connection Name.

Dimenu ini kamu bisa langsung melihat nomor internet di kolom username dan biasanya di nomor tersebut akan ada penambhana tulisan @telkom.net.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah disampaikan dalam tulisan diatas, bisa kita simpulkan bahwa setiap jaringan internet khususnya indihome memiliki batasan limit FUP atau batasan penggunaan wajar.

Hal ini juga akan sangat berkaitan dengan besarnya kecepatan yang digunakan saat melakukan pembelian paket indihome. Setiap kecepatan memiliki dua tahap batasan limit FUP.

Selain itu untuk melakukan pengecekan FUP indihome ini juga memerlukan yang namanya ID Pelangga, jadi sebelum melakukan pengecekan pastikan kamu sudah tau nomor Internet indihome kamu.

Baca Artikel Lainnya :