post

Wajib Mampir, Daftar Kuliner Legendaris Tanjung Balai Karimun

Berkeliling mendatangi pantai-pantai mempesona sudah. Bahkan ke Air Terjun Pongkar pun juga sudah. Traveling ke sesuatu tempat, bila tidak menyoba kuliner khas nan legendaris di tempat itu, rasanya tentu tidak sempurna.

Nah, sekarang saatnya sharing tips kulineran di Tanjung Balai Karimun ya! Disini bakal dibagikan berbagai jenis kuliner mulai dari makan pagi, makan siang, cemilan sore, hingga makan malam. Yuk disimak ulasannya satu per satu!

 

1. Menu Pagi di Kedai Kopi Legendaris, Botan

(Image Credit - National Geographic Indonesia)

Kedai ini merupakan kedai kopi legendaris di Karimun serta telah berdiri semenjak 1947, alias 2 tahun sesudah Indonesia merdeka. Kebayangkan kan tadinya seperti apa?

Pemiliknya, Bapak Dudi Hartono mengatakan, kedai miliknya ini ialah peninggalan dari keluarganya. Tadinya kedai kopi ini bertama Kedai Kopi Sejahtera. Setelah itu ditukar nama dengan Kedai Kopi Simpang Jaya. Tetapi, masyarakat di sini malah mengenal tempat makan ini dengan nama Kedai Kopi Botan, merujuk pada nama sapaan sang pemilik.

Sebab berdiri sudah sangat lama, tidak heran bila keberadaan kedai kopi ini pula bagaikan saksi sejarah dari Kabupaten Karimun. Terlebih, yang menikmati kopi serta sarapan di sini pula para pejabat serta tokoh warga. Banyak hal tentang pemerintahan pula dibincangkan di sini.

Tiap hari, kedai ini buka dari jam 04.30-13.00 WIB. Pak Rudi sengaja membuka kedai kopi saat sebelum Subuh supaya selepas sholat Subuh di masjid, masyarakat dapat singgah ke kedainya buat menikmati sarapan.

Lalu, apa saja sajian istimewa di sini? Nyatanya daftarnya panjang ya! Buat minuman, pasti saja terdapat kopi serta teh O, teh tarik, coklat panas, serta banyak lagi.

Sedangkan buat makanannya, terdapat beberapa yang sangat khas salah satunya yaitu Lontong paha. Dikatakan lontong paha sebab di piringnya dikasih potongan paha ayam gulai. Tidak cuma paha ayam yang dapat dipesan, namun pula dada serta sayap ya!

Ini merupakan lontong perpaduan masakan minang serta melayu. Rasanya jelaslah sedap bangets, terlebih terdapat sambal kentang kriuk-kriuk serta ikan bilis yang ditaburi di atasnya. Ditambah kuah gulai kental yang di dalamnya terdapat potongan sayur buncis, labu serta tahu.

 

2. Makan Siang Ayam Kampung di Kundur


(Image Credit - Foursquare)

Tanjung Balai Karimun itu ialah kabupaten yang memiliki banyak pulau. Supaya jalan-jalannya tidak cuma di Ibu Kota Karimun, sempatkan juga menyeberang ke Pulau (kecamatan) Kundur, dengan ibukotanya Tanjungbatu.

Di Kundur, dapat menjelajahi kampung para tokoh Kepri yang lahir disini. Dapat pula mendatangi objek wisata Pulau Cinta.

Selepas jalan-jalan, pasti saja saatnya memanjakan lidah dengan bersantap siang. Kali ini pilihan senantiasa suatu yang legendaris. Nah, di sini terdapat rumah makan padang yang legendaris bernama RM Suka Maju, yang menyajikan ayam kampung sebagai santapan spesialnya.

Meski terkategori rumah makan padang, tetapi masakannya telah perpaduan antara minang serta melayu. Lokasinya di pertokoan lama di Jl.RA Kartini Nomor. 86, Tanjungbatu. Tempatnya sangat sederhana serta terletak di dasar bangunan yang masih kayu.

Sajian utama RM ini yaitu ayam kampung yang dimasak gulai serta rendang. Sebagai pelengkap, pasti saja ada masakan khas minang ialah sambal hijau dan merah, rebusan daun singkong, dan kerupuk kulit yang disiram dengan kuah gulai. Soal rasa, tidak perlu ditanya, sulit buat menyudahi hingga perut tidak dapat menampung lagi.

 

3. Santap Sore Sate Bujang Karimun


(Image Credit - Foursquare)

Sebab pembahasan kali ini tentang kulineran, ya pasti saja isinya makan, makan, serta makan. Sehabis makan pagi, santap siang, serta saat ini kita mencicipi sate lengendaris di Karimun pada sore harinya.

Namanya yakni Sate Bujang yang berlokasi di Jl.A. Yani. Ekspedisi dari Pelabuhan Karimun kurang lebih 20 menit. Nampak sangat lezat serta porsinya pula banyak. Ehmmm ternyata rasanya memanglah seenak tampilannya. Satenya merupakan sate ayam plus potongan lontong dengan kuah kacang berasa agak pedas. Ditambah potongan timun.

Sate ini telah ada di Karimun semenjak tahun 1970-an serta saat ini telah generasi ketiga dari pendiri sate tersebut. Sajian ini dapat dinikmati tiap hari dari jam 10.00 hingga sore hari. Harganya tidak begitu mahal, satu porsi cuma Rp15.000 untuk sate serta gado-gado, sedangkan sate gado-gado Rp25.000. Pengakuan sang penjual, satu hari dapat membungkus ratusan pesanan dengan ribuan tusuk sate tentunya.

 

4. Makan Malam Lendot


(Image Credit - Trans Media)

Santapan satu ini, harus dinikmati dikala berkunjung ke Tanjungbalai Karimun. Banyak tempat yang menjualnya, seperti di Warung Pesisir Uya yang terdapat di pinggir jalur Coastal Zona, suatu kawasan wisata yang baru dibuka Pemkab Karimun.

Awal mendengar kata lendot, kedengarannya memanglah agak aneh. Lendot selama ini ya identik dengan “lendotan” yang berarti bersandar dengan manja. Lendot yang dimaksud disini merupakan santapan khas Melayu dari Kabupaten Karimun serta jadi salah satu santapan paling otentik di Kepri. Bentuknya serupa bubur sayur kental. Isinya yaitu pakis serta kangkung yang dicampur udang, sotong ataupun cumi, siput, kepiting, serta ikan.

Karakteristik khas lendot ini yaitu terdapatnya kombinasi sagu yang membuat kuahnya jadi kental. Dikala disajikan serta ada potongan sagu padat yang bertekstur kenyal. Bumbu utama Lendot ini ialah cabai merah, bawang putih, merica, serta bilis giling. Lendot sangat lezat dimakan hangat dengan ditemani sambal terasi yang pedas.

Satu porsi Lendot harganya bermacam-macam, bergantung banyaknya jenis seafood yang dicampurkan. Rata-rata harganya mulai dari Rp10.000 hingga Rp17.000 per mangkok. Tidak hanya lezat, Lendot pula dipercaya cepat mengobati orang yang lagi demam serta flu.

Nah lengkap sudah daftar kulineran dari mulai santapan pagi sampai makan malam di Karimun. Sekarang saatnya siapkan jadwal menjelajah ke Tanjung Balai Karimun.

Informasi harga dan pemesanan Tiket Kapal Ferry Oceanna Batam ke Tanjung Balai Karimun sudah dapat dilihat melalui Aplikasi Marlin Booking.

Download App : Android - Apple

Share this post :

Add Comment


Recent Comments