post

UNESCO City of Music Nilai Ambon Bisa Jadi Kota Musik Dunia

Direktur UNESCO City Of Music Mannheim, Jerman, Rainer Kern memperhitungkan Kota Ambon di Provinsi Maluku, telah siap jadi kota musik dunia.

"Sepanjang kunjungan beberapa hari di Kota Ambon saya serta Tamara Kemanski dari Polandia melihat langsung, berjumpa dan berbagi dengan warga serta komunitas musik, sehingga kita setuju Ambon siap jadi kota musik dunia," katanya di Ambon.

Kern berkata untuk jadi kota musik dunia wajib memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan UNESCO. Paling tidak, kata ia, terdapat 2 hal yang wajib ditunjukkan Kota Ambon kepada dunia ialah belajar dari kota musik lain, serta tunjukkan nilai kearifan lokal dari Ambon.

"Banyak hal yang bisa ditunjukkan sebab Ambon mempunyai bermacam hal baik itu kualitas bermusik, keragaman sosial serta budaya, ini pasti jadi nilai yang berbeda," katanya.

Tidak hanya itu, Rainer mengaku terkesan dengan keramahan warga, serta yang paling utama merupakan kualitas bermusik sangat baik yang dimulai semenjak kecil dan keragaman budaya.


(Image Credit - satumaluku.id)

"Bukan cuma itu warga terus mewujudkan perdamaian serta musik jadi media pemersatu warga, sebab itu apresiasi untuk pemerintah, Ambon Music Office yang sudah bekerja sehingga dapat menggapai titik sampai saat ini," ucapnya.

Dia mengakui bila Kota Ambon mau memperoleh identitas selaku kota musik dunia hingga yang wajib dilakukan merupakan membuka jaringan serta menjalakan kerja sama.

Ketika berada di Ambon Director UNESCO City Of Music Mannheim Jerman, Rainer Kern mendatangi berbagai komunitas musik di Ambon yaitu musik Sawat di Negeri Batu Merah, musik Tahuri di Hutumuri, suling bambu di Negeri Tuni, melihat Festival Ramadan, serta pergelaran seni di Taman Budaya.

Provinsi Maluku, khususnya kota Ambon, memanglah diketahui dengan musikalitas yang tinggi sehingga sering muncul sebutan Ambon Bernyanyi Sepanjang Hari. Beberapa penyanyi serta musisi berkelas nasional juga banyak yang berdarah Ambon semacam Glenn Fredly, Broery Marantika, Utha Likumahua, Harvey Malaiholo, Melly Manuhutu, serta Marcello Tahitoe.


Tertarik Berwisata Musik di Ambon?

Dapatkan harga promo Ferry dan Atraksi menarik hanya di Aplikasi Marlin Booking.

Download App : Android - Apple

Share this post :

Add Comment


Recent Comments