post

Tips Menyebrang Batam-Singapore Menggunakan Ferry Majestic

Marlin Booking – Berkunjung ke Singapura via Batam saat ini semakin menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan tiket pesawat dari Jakarta ke Batam lebih murah, belum lagi ongkos penyeberangan menggunakan ferry lebih irit dibandingkan langsung menggunakan pesawat dari Jakarta-Singapura. Karena itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan jalur tersebut.

 

Cara Pergi ke Singapura Via Batam

Bagi yang ingin berkunjung ke Singapura, untuk berlibur ataupun untuk perjalanan bisnis, memakai jalur perjalanan dari Batam ke Singapura atau sebaliknya dapat dijadikan pilihan paling tepat. Tak hanya harganya saja yang lebih terjangkau, tapi Anda juga lebih mudah dan cepat bolak balik ke tanah air dan Singapura dalam waktu yang singkat. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba memakai transportasi kapal ke Singapura dari Batam, ini dia cara praktis yang dapat Anda lakukan :

 

1. Melakukan Penerbangan ke Batam

Untuk melakukan penerbangan ke Batam, sebenarnya Anda tak perlu khawatir. Sebab kini bandara di seluruh kota yang ada di Indonesia sendiri telah melayani penerbangan ke Bandara Hang Nadim di kota Batam. Di samping itu, biaya penerbangannya pun lebih terjangkau. Anda dapat mencari informasi jadwal penerbangan ke Batam terlebih dulu dari kota asal Anda.

 

Setibanya di Batam, Anda bisa membeli tiket ferry terlebih dulu. Biasanya warga lokal menggunakan aplikasi Marlin Booking karena harga yang ditawarkan lebih menarik. Selanjutnya Anda bisa bergegas langsung ke ferry terminal memakai taksi. Ada banyak taksi-taksi berjejeran di depan pintu utama yang ada di Bandara. Umumnya pihak taksi sendiri telah menetapkan harga dan jarang memakai argo.

 

Adapun untuk pelabuhan dengan layanan pelayaran Batam – Singapura sendiri menawarkan beberapa pilihan, diantaranya Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Batam Center Ferry. Diantara pilihan pelabuhan yang telah disebutkan, pelabuhan yang paling populer ialah Batam Centre. Tak hanya itu, pelabuhan tersebut juga lebih gampang dijangkau dari arah Bandara Hang Nadim.

 

2. Waktu Penyeberangan Ferry dari Batam Menuju Singapura

Untuk penyeberangan menggunakan ferry majestic dari pelabuhan Batam Centre Ferry terminal menuju Harbourfront Singapore sendiri tersedia hampir tiap 1 jam sekali. Biasanya penyeberangan tersebut dimulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 21.00 malam. Supaya Anda tidak terlambat naik ferry, sebaiknya tiba lebih awal. Hal ini dikarenakan sebelum menaiki kapal, biasanya setiap turis atau wisatawan harus mengurus surat atau dokumen imigrasi selama 30 menitan. Jadi, alangkah baiknya Anda tiba ke pelabuhan setidaknya 1 jam sebelum pemberangkatan. Hal ini dikarenakan waktu untuk check in biasanya ditutup selama 20 menit sebelum waktu keberangkatan.

 

Selain itu, waktu perjalanan menggunakan ferry dari pelabuhan Batam Center ke Harbourfront Singapore biasanya membutuhkan waktu selama 1 jam lamanya. Perlu Anda ingat, bahwa waktu Singapore biasanya lebih cepat satu jam lamanya dari kota Batam. Dengan demikian jika Anda melakukan pemberangkatan jam 09.00 pagi, biasanya akan tiba jam 11.00 siang di Singapura.

 

3. Tiba di Harbourfront Ferry Terminal Singapore

Setibanya di Harbourfront Ferry Terminal Singapore, selanjutnya Anda bisa menuju ke kantor imigrasi. Bagi yang berkunjung ke Singapura untuk berlibur, bisa memakai lajur All passport. Tapi bagi Anda yang akan tinggal atau bekerja di negara Singapura, maka Anda dapat memilih lajur “Singapore Passports” agar prosesnya lebih cepat.

 

Sebelum Anda meninggalkan imigrasi, sebaiknya pastikan passport Anda sudah dicap oleh petugas imigrasi. Sesudah itu, Anda dapat melewati custom dengan melakukan pengecekan barang bawaan di bagasi. Selanjutnya, Anda dapat langsung ke Harbourfront Center. Tempat ini ialah salah satu mall atau pusat perbelanjaan mewah yang ada di Singapura. Sebenarnya Harbourfront Center masih satu bangunan dengan pelabuhan ferry. Di samping itu, tempat ini juga langsung terhubung oleh Vivo City sebagai pusat hiburan dan perbelanjaan yang tidak kalah mewah dari mall Harbourfront Center. 

 

Apabila sudah selesai dari Harbourfront center, selanjutnya ada beberapa pilihan transportasi ke lokasi tujuan yang Anda inginkan di Singapura. Bagi Anda yang ingin memakai transportasi MRT cukup ambil jalan lurus hingga ke arah depan Mall. Anda akan menemukan escalator turun menuju stasiun MRT di bawah tanah. Akan tetapi, jika ingin memakai transportasi lainnya seperti Taksi, cukup mengambil arah timur Mall. Ada banyak taksi-taksi berjejeran yang dapat dipilih.


Pilihan transportasi darat yang bisa dipilih lainnya ialah bus. JIka ingin menaiki bus, langsung jalan saja ke depan Mall kemudian tunggu di tempat pemberhentian bus di pinggir jalan. Bisa juga dengan naik ke lantai dua melewati jembatan penyeberangan ke terminal bus Harbourfront center tepat di seberang mall.



(Image Credit - All4travel)

 

4. Kembali Lagi ke Batam Dengan Ferry

Jika liburan Anda ke Singapura sudah selesai, kini saatnya kembali ke tanah air. Untuk kepulangan ke Indonesia, Anda dapat memilih ferry ke Pelabuhan Batam Fast Batam Centre. Sementara itu, untuk pergi ke Harbourfront bisa memakai beberapa armada transportasi, seperti taxi, MRT, bus atau yang lainnya. Di samping itu, Anda juga bisa membeli tiket ferry langsung dengan aplikasi Marlin Booking.

 

Memilih Ferry Majestic

Batam merupakan salah satu kota atau wilayah di Indonesia yang memiliki letak begitu istimewa, mengingat jaraknya sangat dekat dengan 2 negara sekaligus, yakni Malaysia dan Singapore. Bahkan dari Singapore – Batam hanya berjarak 25 km saja. Untuk pilihan memesan Batam fast booking rute Batam-Singapore sendiri ada Ferry Majestic, Sindo Ferry, Horizon, dan Batam Fast. Waktu tempuh dari Batam ke Singapore sendiri hanya memerlukan waktu selama 45-60 menit saja tergantung dari tempat penyeberangan yang Anda pilih.

 

Ferry Majestic banyak digunakan mengingat kecepatannya dan harga tiketnya yang cukup terjangkau. Selain itu, Majestic ferry juga banyak dipilih karena menawarkan banyak fasilitas menarik yang memberikan kenyamanan selama kita berada di kapal. Anda bisa mendapatkan fasilitas sarapan pagi dan lounge dengan menu yang berbeda setiap hari. Ada beberapa fasilitas lainnya yang menunjang mobilitas Anda selama di kapal. Harga yang bersahabat dari tiket Majestic ferry yang lebih terjangkau, membuat banyak orang lebih memilih layanan ferry ini.

 

Umumnya ferry sendiri hanya menawarkan tempat duduk yang berjejer. Sementara di Majestic Ferry biasanya ada yang unik. Di belakang kapal ada meja dan kursi berhadapan dengan ukuran cukup luas untuk para penumpang, sehingga sangat cocok bagi keluarga. Tak hanya bisa mengobrol santai saja, tetapi Anda juga lebih nyaman memakai layanan dan fasilitas yang tersedia di kapal ini. Untuk Anda yang tertarik melihat Batam fast ferry schedule bisa datang langsung ke pelabuhan Batam Center atau lebih mudahnya bisa langsung menggunakan Aplikasi Marlin Booking, sehingga tidak perlu capek keluar rumah.

 

Untuk mendapatkan aplikasi Marlin Booking, bisa langsung download di AppStore maupun Playstore, atau klik link berikut : Android - Apple

 

|| Baca Juga: Tutorial cara menggunakan Aplikasi Marlin Booking

Share this post :

Add Comment


Recent Comments