post

Jadwal Kapal Cepat Pelabuhan Tulehu ke Amahai, Haria, Tuhaha, Banda

Pelabuhan Hurnala ataupun orang lebih senang menyebutnya dengan Pelabuhan Tulehu ialah tempat dimana warga serta tamu yang berkunjung ke Kota Ambon hendak menyebrang dengan memakai transportasi laut (Kapal Motor, Kapal Kayu, Speedboat) mengarah ke Pelabuhan Amahai di Maluku Tengah, mengarah ke Pulau Saparua, ataupun ke kepulauan yang lain. Bersamaan semakin banyaknya turis yang hendak berwisata di Ora Beach, Paperu Beach, dan kepulauan di sekitarnya, pelabuhan ini terus berkembang dan menjadi semakin ramai didatangi wisatawan khususnya di musim-musim liburan.

 

DARI KOTA AMBON (TULEHU) KE KOTA AMAHAI


(Image Credit - BPTD Maluku)

Masohi adalah Ibukota Kabupaten Maluku Tengah yang berada di Pulau Seram yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Seram bagian Barat serta Kabupaten Seram Bagian Timur. Untuk menuju Masohi diperlukan jasa transportasi laut dari Ambon menuju Masohi dengan menggunakan Kapal Cepat.

Jadwal Kapal Setiap Hari :
Kapal pagi
berangkat Jam 09.00 WIT
Kapal sore
berangkat Jam 16.00 WIT

Ada 3 Kapal Cepat yang melayani rute Ambon – Amahai yaitu:

- KM. Express Priscilia 99

- KM. Express Cantika 88

- KM. Cantika Torpedo

 

DARI KOTA AMBON (TULEHU) KE HARIA


(Image Credit - Marpheus)

Haria, merupakan salah satu dari 7 negeri yang tercantum ke dalam daerah kecamatan Saparua, Maluku Tengah. Pulau Saparua merupakan suatu pulau kecil sekaligus suatu kecamatan yang terletak dalam daerah Kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku, Indonesia. Pulau ini pula merupakan suatu kecamatan yang bernama Kecamatan Saparua, dengan ibu kotanya Saparua. Kota Saparua ialah suatu kota kecil yang tumbuh pesat dengan potensi perdagangan, pariwisata, serta pendidikan. Kota ini kerap didatangi wisatawan dalam negeri ataupun wisatawan asing, paling tidak lebih dari 50 wisatawan dalam negeri serta asing perbulan. Bagi perencanaan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Saparua hendak dijadikan Kota Kabupaten yang baru. Pulau Saparua mempunyai 16 buah negeri adat setara desa serta 2 buah kampung mandiri.

Jadwal Kapa Setiap Hari Senin sampai Sabtu :
Kapal
berangkat Jam 09.00 WIT

- KM. Express Cantika 99

 

DARI KOTA AMBON (TULEHU) KE TUHAHA

(Image Credit - stagramer)

Tuhaha, merupakan salah satu dari 10 negeri yang tercantum ke dalam daerah kecamatan Saparua Timur, Maluku Tengah. Tadinya negeri ini tercantum dalam daerah Kecamatan Saparua sampai pada tahun 2015 Saparua Timur dimekarkan jadi kecamatan sendiri bersumber pada Perda Maluku Tengah No 11 Tahun 2015. Bersumber pada catatan BPS, Tuhaha terkategori sebagai negeri swasembada.

Sebagai suatu negeri ataupun desa adat, Tuhaha dipimpin oleh seorang raja yang berkedudukan seperti kepala desa. Apabila raja belum dipilih, tampuk kepemimpinan dipegang sementara oleh pejabat negeri. Pada tahun 2017 Tuhaha dipimpin oleh Bapak Sem Loupatty selaku pejabat negeri. Jabatan raja di Tuhaha dipangku oleh fam (matarumah parentah) Sasabone serta Tanalepy. Raja Tuhaha disaat ini ialah Yance Sasabone.

Jadwal Kapal Hanya Hari Sabtu :

Kapal berangkat Jam 09.00 WIT

Ada 3 Kapal Cepat yang melayani rute Ambon – Tuhana yaitu:

- KM. Express Priscilia 99

- KM. Express Cantika 88

- KM. Cantika Torpedo

 

DARI KOTA AMBON (TULEHU) KE BANDA


(Image Credit - Visit Banda Naira)

Kepulauan Banda terdiri dari 10 pulau vulkanis yang tersebar di Laut Banda, kurang lebih 140 kilometer sebelah selatan Pulau Seram serta 2.000 kilometer sebelah timur Pulau Jawa. Kepulauan seluas 180 km² ini tercantum dalam daerah Provinsi Maluku. Kota terbesarnya, Bandanaira, terletak di pulau dengan nama yang sama. Kurang lebih 15.000 jiwa tinggal di kepulauan ini. Kepulauan ini terkenal untuk penggemar selam scuba serta snorkeling.

Sampai pertengahan abad ke-19, Kepulauan Banda ialah satu-satunya sumber untuk mendapatkan rempah-rempah pala. Kepulauan Banda juga di daftarkan sebagai salah satu Situs Peninggalan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005.

Jadwal bergantung musim, biasanya di akhir tahun.

Kapal yang melayani rute ini adalah:

- KM. Express Bahari 2B

 

Untuk informasi harga dan pemesanan tiket, dapat melalui Aplikasi Marlin Booking.

Download App : Android - Apple

Share this post :

Add Comment


Recent Comments