post

Informasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Terminal Kapal yang Modern

Bagi yang sering menaiki kapal dari Semarang, tentu tidak asing dengan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelabuhan Tanjung Emas atau Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang (Jawa Tengah) adalah satu-satunya pelabuhan yang ada di Semarang dan telah berdiri sejak tahun 1985.

Lokasi pelabuhan ini hanya berjarak 5 km dari Tugu Muda, atau sekitar 30 menit perjalanan. Untuk menuju ke pelabuhan ini cukup mudah dengan transportasi umum.

Sementara itu, Pelabuhan Tanjung Emas tidak hanya untuk terminal penumpang, tapi juga untuk pengiriman barang-barang. Anda akan melihat banyak kapal bermuatan peti kemas. Jika pertama kali datang ke pelabuhan Tanjung Emas, tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik.

Semakin tahun kondisi pelabuhan ini juga makin bagus dan modern, terlihat saat ini sistemnya sudah menggunakan boarding pass layaknya di bandara. Hal ini lebih memudahkan para petugas mengetahui secara pasti barang-barang yang diangkut dan jumlah penumpang dalam satu kali keberangkatan kapal. Sistem boarding pass ini berfungsi sebagai sistem keamanan. Setiap penumpang akan diketahui identitas aslinya. Sehingga, penumpang gelap bisa dihindari.

Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Emas tergolong ramai. Terlebih lagi saat musim liburan telah tiba seperti lebaran maupun liburan akhir tahun, dapat dipastikan jumlah penumpang mengalami kenaikan. Biasanya akan ada tambahan kapal yang beroperasi waktu musim liburan.

Fasilitas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Pelabuhan di Semarang ini telah mengembangkan sistemnya untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, di antaranya:

1. Jalur Disabilitas

Sekarang sudah ada jalur khusus untuk penyandang disabilitas di Pelabuhan Tanjung Emas. Ini memudahkan para penyandang disabilitas untuk menjalankan aktivitas di dalam pelabuhan.

2. Tingkat Keamanan Yang Tinggi

Pelabuhan sudah menggunakan boarding pass dan juga proses check keamanan dengan metal detector, jumlah timbangan barang, serta mesin X-Ray yang hampir sama dengan yang ada di bandara. Adanya proses cek keamanan ini membuat para penumpang merasa lebih aman.

3. Papan Informasi Yang Informatif

Tidak kalah dengan bandara, di pelabuhan ini sudah disediakan papan informasi yang mudah dibaca.

4. Boarding Pass

Satu tiket berlaku untuk satu penumpang adalah fungsi utama dari boarding pass ini. Adanya boarding pass berguna untuk pencatatan data penumpang dan barang bawaan sesuai dengan kapasitas sehingga kapal tidak akan mengalami kelebihan muatan.

5. Kamar Mandi Yang Bersih

Setiap tempat umum sewajarnya akan tersedia kamar mandi, begitu juga dengan pelabuhan ini. Kamar mandi yang tersedia terjaga dengan baik, terawat dan bersih.

Jika anda akan bepergian dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, ingatlah untuk selalu mengecek jadwal dan membeli tiket secara online. Hal ini demi memudahkan dan melancarkan perjalanan anda. (*)

Share this post :

Add Comment


Recent Comments