post

8 Tips Traveling Hemat di Bali, Tetap Senang Meski Low-Budget

Bali menjadi salah satu destinasi favorit untuk traveling bagi wisatawan. Pulau eksotis ini memang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Untuk liburan maupun berbulan madu, Bali menyuguhkan semua kesenangan yang dicari.

Traveling di Bali memerlukan biaya yang tidak murah jika kita tidak jeli dalam mengatur keuangan atau budget. Terutama, jika Anda seorang backpacker pemula. Tapi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa menikmati liburan murah dan hemat di Bali. Yuk, simak tipsnya berikut ini:

1. Bepergian bukan saat musim liburan

Sebaiknya Anda tidak bepergian ke Bali saat musim liburan. Di musim liburan, biasanya semua harga cenderung lebih mahal. Mulai dari tiket tansportasi, penginapan, hingga makanan. Justru sebaliknya, liburan ke Bali saat hari kerja malah akan menghemat biaya. 

2. Memilih penginapan backpacker atau penginapan murah


(Pixabay/davidlee770924)

Di Bali juga terdapat berbagai pilihan penginapan low-budget. Anda bisa memilih penginapan murah dengan fasilitas yang cukup nyaman. Tidak perlu gengsi, penginapan yang murah akan menghemat pengeluaran Anda.

3. Menikmati kuliner khas Bali yang murah dan lezat


(Instagram/@warung_men_runtu)

Dibanding menghabiskan uang banyak untuk menikmati hidangan restoran yang mahal, coba carilah warung makan di Bali yang murah meriah. 

Mencari tempat makan murah di Bali memang cukup menantang. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu dengan melihat review di internet sebelum mendatangi tempat makan tersebut.

4. Menyewa sepeda motor

Jika jarak antara penginapan dan tempat wisata berkedatan mungkin tidak ada masalah terkait transportasi. Namun, apabila jauh, menyewa motor bisa menjadi andalannya. 

Sesampainya di Bali, sewalah sepeda motor dan jangan lupa untuk menawar harganya agar sesuai kantong. Usahakan untuk tidak memakai taksi yang hanya akan memboroskan uang.

5. Berbelanja souvenir di pasar Sukawati


(Instagram/@ferizal90)

Pasar Sukawati ialah pasar seni yang berada di Gianyar, Bali. Di pasar ini akan ditemui berbagai kerajinan seni khas Bali, misalnya sandal manik-manik, lukisan, patung kayu, tas, hingga pakaian.

Di pasar ini, keahlian tawar-menawar Anda akan diuji. Hampir semua barang di sini  bisa Anda tawar dengan harga yang lebih sesuai.

6. Memisahkan budget

Agar lebih berhati-hati soal pengeluaran uang, pisahkan budget penginapan, transportasi dan makanan. Selain itu, bawalah uang secukupnya dalam dompet lalu simpan sisanya di rekening yang bisa diambil sewaktu-waktu di ATM.

7. Mengunjungi tempat wisata gratis di Bali


(Instagram/@rade_evapanjaitan)

Tidak semua tempat wisata di Bali berbayar. Ada banyak tempat wisata di sana yang tidak memerlukan tiket masuk dengan harga mahal. Cobalah untuk mengunjungi pantai-pantai Bali yang indah. Tak sedikit pantai di Bali yang tidak membutuhkan tiket masuk.

8. Selalu sedia botol minum sendiri


(Unsplash.com/Martin Sanchez)

Membawa botol minum juga bisa mengurangi pengeluaran lho. Isilah botol minum Anda dengan air putih di penginapan. Tak perlu lagi membeli air minum saat menjelajahi Bali. Lebih hemat, bukan? 

Tertarik berlibur ke Bali? Ikuti tips di atas untuk liburan yang hemat dan murah. (*)

Share this post :

Add Comment


Recent Comments