post

8 Tips Aman Mudik dengan Kapal Ferry Saat Puasa

Di bulan puasa menjelang hari raya Idul Fitri, mudik ke kampung halaman telah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Selain pesawat terbang dan kereta, kapal ferry pun merupakan pilihan banyak orang sebagai transportasi andalan. 

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika akan menggunakan transportasi kapal untuk mudik. Berikut beberapa tipsnya:


1. Pilihlah Kelas Sesuai Budget yang Anda Mliki

(Gambar oleh Thomas Ulrich dari Pixabay)

Kapal ferry juga memiliki jenis-jenis kelas yang bisa dipilih, seperti kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Setiap kelas tentunya memiliki fasilitas dan layanan yang berbeda-beda. Anda sebaiknya memilih menurut budget perjalanan yang Anda miliki.


2. Atur Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan

Anda perlu mengatur jadwal keberangkatan dan kepulangan terlebih dahulu. Terutama, jika bermaksud memesan tiket kapal secara online.


3. Jangan Membawa Uang Terlalu Banyak

Saat mudik, ada baiknya Anda hanya membawa uang secukupnya. Sebab, biasanya penumpang kapal ferry menjelang Hari Raya Idul Fitri akan membludak. Hal ini kerap memicu orang untuk berniat jahat. Agar terhindar dari pencopetan, Anda cukup membawa uang demi kebutuhan saat perjalanan saja.


4. Jangan Memakai Perhiasan Berlebihan


(Gambar oleh Thomas Ulrich dari Pixabay)

Selain perlu membawa uang secukupnya,janganlah memakai perhiasan berlebihan. Hal ini untuk menghindarkan kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi.


5. Ketahui Safety Tips


Salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengetahui tips keamanan. Sebelum kapal berangkat, biasanya awak kapal akan memberikan petunjuk tempat pelampung serta jalur evakuasi. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila situasi darurat terjadi dan penumpang harus menyelamatkan diri.


6. Minum Air yang Cukup


(Gambar oleh ptra dari Pixabay)

Usahakan unutk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi. Minumlah air secara cukup dan hindari keluar kapal karena udara laut cenderung panas. Jika tetap berpuasa saat mudik, minumlah air putih yang banyak saat sahur dan berbuka.


7. Membawa Buku, MP3 Player, atau Gadget


(Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay)

Perjalanan dengan kapal ferry memiliki durasi yang lebih lama dibanding dengan pesawat. Karena itu, bagi Anda yang mudah bosan sebaiknya membawa buku bacaan, mp3 player atau gadget. Dengan begitu, pikiran Anda bisa teralihkan dan tidak cepat merasa bosan.


8. Sedia Obat Darurat

Bawalah obat anti mabuk laut serta minyak kayu putih untuk berjaga-jaga apabila Anda jatuh sakit. Seperti kita tahu, gelombang air laut yang kencang terkadang membuat penumpang pusing dan mual.

Demikian beberapa tips bagi Anda yang ingin mudik dengan kapal ferry. Untuk memudahkan perjalanan Anda, pesanlah tiket secara online melalui aplikasi Marlin Booking. Terdapat berbagai rute dan kapal ferry yang bisa Anda pilih.

Share this post :

Add Comment


Recent Comments