post

8 Tempat Wisata di Nusa Lembongan yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Saat berlibur ke Bali, sayang jika Anda tidak mampir ke Nusa Lembongan. Pulau ini terletak sangat dekat dengan Bali, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida. Selain itu, Nusa Lembongan juga masih termasuk dalam wilayah Provinsi Bali.

Untuk menuju ke sana, Anda hanya perlu datang ke Sanur (Bali). Dari Sanur, lalu Anda bisa menaiki kapal yang akan mengantar Anda hingga ke tujuan.

Seperti Bali, Nusa Lembongan juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi, suasana di Nusa Lembongan lebih tenang dibanding Bali yang sudah ramai dikunjungi wisatawan. Selain cocok untuk wisata keluarga, trip ke Nusa Lembongan juga sangat cocok untuk destinasi bulan madu bersama pasangan.

Nah, yuk simak apa saja tempat wisata di Nusa Lembongan yang paling menarik dan harus Anda kunjungi berikut ini.

1. Devil's Tear

(Instagram/@steverave)

Tebing yang sering disebut Devil Tears merupakan salah satu tempat populer di Nusa Lembongan.

Di Tebing Devil Tear's, pengunjung bsa menikmati pemandangan laut dengan ombaknya yang indah. Hantaman ombak yang kuat akan memacu adrenalin Anda.  Momen ketika ombak menghantam perlu Anda abadikan, jadi jangan lupa membawa kamera saat mengunjungi tempat wisata ini.

2. Dream Beach

(Instagram/@kresti.k)

Dream Beach di Nusa Lembongan patut untuk Anda kunjungi karena pemandangan lautnya yang menawan. Selain itu, aksesnya cukup mudah dan terdapat hotel tidak jauh dari pantai ini. Seperti namanya, pantai ini termasuk pantai impian para traveler.

Air pantainya pun masih jernih. Namun, ombaknya cukup kuat sehingga Anda perlu berhati-hati. Bagaimana, tertarik mengunjungi Dream Beach?

3. Pantai Jungut Batu 


(Instagram/@blackwhite_lembongan)

Pantai Jungut Batu cukup populer dan mudah dijangkau. Hal ini karena pantai ini juga menjadi dermaga perahu atau speed boat untuk naik turun penumpang dari Bali.

Meski ramai perahu dan speed boat, tapi air di pantai ini masih jernih dan tenang. Pemandangan alam bawah lautnya pun tak kalah memesona. Sehingga, di pantai ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menyenangkan seperti diving dan snorkeling.

4. Hutan Mangrove Nusa Lembongan


(Instagram/@emanuellle)

Di hutan Mangrove Nusa Lembongan, wisatawan bisa menyusuri laut dengan perahu dan akan disuguhkan dengan pemandangan hutan bakau di sekeliling. Pepohonan bakau yang rimbun dan suasana yang masih alami akan membuat Anda takjub. 

Luas areal hutan mangrove di Nusa Lembongan ini ialah sekitar 230 hektar. Sementara itu, pohon-pohonnya memiliki ketinggian mencapai 6 meter. Perjalanan dengan perahu akan dimulai dari laut terluar dan semakin ke dalam melewati kawasan hutan mangrove. 

Tarif sewa perahunya cukup terjangkau, hanya 150 ribu rupiah selama 25 menit. Sebaiknya datang saat pagi hari karena waktu itulah suasananya lebih memesona.

5. Goa Gala-Gala


(Instagram/@wicky_adrian)

Di Nusa Lembongan juga terdapat goa bawah tanah yang unik. Goa Gala-Gala Underground House ini ternyata adalah karya spetakuler dari Mangku Byasa (almarhum), seorang dalang.

Pembuatan goa ini pun terinspirasi oleh cerita keluarga Pandawa dalam kisah Mahabarata. Di cerita Mahabarata, Pandawa kalah bertarung dengan Kurawa dan harus mendapat hukuman untuk hidup di hutan selama 12 tahun. Pandawa akhirnya membuat goa bawah tanah untuk melindungi seluruh keluarga dari ancaman yang selalu datang. Goa tersebut diberi nama Goa Gala-Gala.

Menarik, bukan? Mangku Byasa membangun goa ini sejak 1961 dan selesai pada 1976. Proses pembuatan goa ini juga hanya memakai alat dan cara tradisional namun tetap dengan perhitungan yang matang. Terbukti dengan sirkulasi udara di dalam goa yang tetap baik. 

6. Mushroom Bay


(Instagram/@aseabridge)

Mushroom Bay ialah pantai yang masih memiliki air jernih dan keindahan alam bawah  laut yang dapat membuat Anda terpesona. Aksesnya sanat mudah, Anda bisa langsung menuju ke pantai ini dengan menaiki perahu atau fast boat dari Sanur.

Di Mushroom Bay ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan bersantai menikmati keindahan laut, snorkeling atau diving. Tak hanya itu saja, pengunjung bisa mencoba water sport seperti banana boat. Kawasan wisata Mushroom Bay sering ramai dikunjungi karena pantai ini juga menjadi dermaga kapal. 

7. Jembatan Kuning


(Instagram/dexcahyani)

Jembatan Kuning memiliki panjang 100 meter dan menghubungkan antara pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Jembatan ini seperti namanya, berwarna kuning cerah dan hanya memiliki lebar 1,5 meter. 

Setelah sekian lama menjadi jembatan ikonik, jembatan kuning menjadi salah satu yang kerap dikunjungi banyak wisatawan untuk berfoto. Tak sedikit juga sepeda motor yang melewatinya untuk menuju ke pulau seberang.

8. Pantai Lebaoh


(Instagram/@leonard_c4me)

Pantai Lebaoh bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Nuansa alam pantai Leaboh yang indah akan membuat liburan Anda berkesan sehingga cocok untuk liburan keluarga atau bulan madu.

Selain itu, pantai ini dikenal sebagai lokasi pembudidayaan rumput laut. Pantainya cukup dangkal, membuat rumput laut mampu memperoleh sinar matahari dengan mudah. Ketika berkunjung ke pantai Lebaoh, Anda dapat menemui pemandangan petak-petak budidaya rumput laut. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun, Anda perlu hati-hati agar tidak merusaknya.

Apakah Anda tertarik berlibur ke tempat-tempat wisata di atas? Anda hanya perlu menaiki kapal dari Sanur (Bali) menuju ke Nusa Lembongan. Jangan lupa memesan tiket kapal secara online sebelumnya. Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa memesan tiket kapal / speed boat melalui aplikasi Marlin Booking. Praktis, mudah, dan dapatkan diskon tiket hingga 50%. Selamat liburan di Nusa Lembongan! (*)

Share this post :

Add Comment


Recent Comments