post

6 Wisata Kuliner di Batam yang Patut Dicoba

Wisata Kuliner Lezat di Batam yang Patut Dicoba

Setiap kota di Indonesia memiliki makanan khas tersendiri, termasuk Kota Batam. Selain menyimpan keindahan alam, Batam memiliki berbagai tempat wisata kuliner lezat yang wajib dicoba.

Menjadi jalur pelayaran internasional, tidak heran Batam termasuk salah satu daerah yang paling sering dikunjungi wisatawan. Wisata alam berupa pantai hingga kuliner khas menjadi andalan kota ini.

Jika anda berlibur ke Kota Batam, sebaiknya mencoba wisata kuliner di sana. Dengan menikmati hidangan khas Batam, anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Berikut beberapa wisata kuliner khas Batam yang wajib dicoba.

1. Sop Ikan, Penghangat Badan Khas Batam


(Instagram/@cynthiahali)

Sop Ikan dikenal sebagai makanan khas Batam. Umumnya, bahan utama Sop Ikan ialah ikan tengiri. Rasa Sop ikan mirip dengan garang asem tapi memiliki cita rasa spesial karena menggunakan bumbu khas Batam. Sop ini pun dapat menjadi lauk dengan ditambahkan nasi putih hangat. Saking lezatnya, kini gerai makanan Sop Ikan tidak hanya ada di Batam saja. Sop Ikan terjual di berbagai kota di Indonesia.

2. Nasi Lemak, Gurih dan Mengenyangkan


(Instagram/@surianti_kitchen)

Nasi Lemak tidak hanya merupakan makanan asal Malaysia saja. Di Batam pun kita patut mencoba wisata kuliner Nasi Lemak. Makanan ini biasanya disantap di pagi hari untuk sarapan.

Rasa Nasi Lemak cukup gurih dengan berminyak. Minyaknya sendiri berasal dari santan kelapa. Suwiran telur, mentimun, dan ikan teri akan melengkapi sajian kuliner ini.

3. Mie Sagu atau Lakse Bagi Penggila Mie


(Instagram/@daithien2)

Jika anda adalah penggila mie, jangan khawatir. Di Batam, anda juga akan menemui kuliner mie khas Batam yang sering disebut Mie Sagu atau Lakse. Mie Sagu terbuat dari tepung terigu dan sagu. Bentuknya lebih besar dan kenyal dibanding mie biasa yang sering kita makan. Mie Sagu memiliki tambahan daging ikan dan racikan bumbu yang akan membuat anda ketagihan.

4. Mie Lendir yang Pedas, Manis dan Gurih


(Instagram/@daithien2)

Kuah Mie Lendir terbuat dari kacang tanah dan ubi jalar. Lalu, terdapat tambahan udang, ayam, tauge dan bawang goreng yang melengkapi sajiannya. Rasa Mie Lendir pun sangat khas, yaitu pedas, manis, dan gurih.

Di Batam, anda dapat menemukan wisata kuliner ini di berbagai tempat, bahkan di warung kaki lima. Akan tetapi, Mie Lendir akan sering dijumpai di Tanjung Pinang-Batam.

5. Gong Gong, Seafood-nya Batam


(Instagram/@rakhmatpoerbonegoro2)

Batam juga  dikenal dengan kuliner seafood-nya. Gong Gong ialah kuliner seafood khas Batam yang wajib dicoba. Makanan ini merupakan siput laut yang diolah dengan bumbu-bumbu khusus.

Tektur daging siput lautnya sangat empuk dan lembut. Anda bisa mengorek daging dari cangkang dengan tusuk gigi saat memakan Gong Gong.

6. Mie Tarempa yang Menggoyang Lidah

 

(Instagram/@mutiarakennedy)

Mie Tarempa ialah salah satu kuliner yang sering dinikmati oleh wisatawan saat berada di Batam. Mie ini mirip dengan Mie Aceh namun memiliki citarasa penuh rempah kemerahan. Mie-nya pun tebal dan kenyal dengan potongan daging ikan yang menambah cita rasanya. Kelezatan Mie Tarempa membuatnya layak sebagai wisata kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Batam. (*)


Share this post :

Add Comment


Recent Comments