Cara Pinjam Uang di Shopee Pinjam & Paylater Cepat 2022

Bagi temen – temen yang mau tahu cara pinjam uang di shopee, maka kalian bisa simak pembahasan kali ini sampai habis, karena pembahasan kali ini bakalan ngebahas tuntas soal cara pinjam uang di shopee.

Di zaman yang serba internet ini kita semakin mudah dalam melakukan berbagai hal, misalnya saja untuk berbelanja. Sekarang ini ada banyak sekali cara untuk berbelanja secara online.

Salah satu cara untuk bisa berbelanja online adalah dengan menggunakan aplikasi toko online. Ada banyak aplikasi toko online yang sekarang ini cukup populer di Indonesia. Misalnya saja lazada, blibli, shopee dan masih banyak lainnya.

Nah, pada pembahasan kali ini akan ada ulasan mendetail mengenai shopee dan cara pinjam uang di shopee. Penasaran? Apabila kalian penasaran, maka kalian bisa simak dengan cermat sampai habis pembahasan kali ini ya!

Apa Itu Shopee?

Apa Itu Shopee

Shopee merupakan sebuah platform belanja secara online yang belakangan ini cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini pada awalnya adalah aplikasi yang berasal dari Taiwan yang dirilis pada tahun 2015.

Aplikasi shopee ini juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi platform toko online yang cukup populer di Indonesia selain dari Lazada, tokopedia, blibli dan masih banyak lainnya.

Shopee juga adalah toko online yang akan memberikan kamu banyak pengalaman berbelanjan online yang aman, nyaman, terpercaya, dan tentu saja menyenangkan.

Kalian juga tidak perlu khawatir tentang p3n1puan di shopee karena aplikasi ini akan bertanggung jawab atas p3n1puan yang terjadi di platformnya. Selain privasi para pengguna shopee juga aman, jadi kalian tidak perlu khawatir.

Dalam aplikasi shopee ini juga banyak keunggulannya, misalnya saja banyak promo menarik dan baru – baru ini juga hadir sebuah layanan yang dapat meminjamkan kalian uang.

Mau tahu lebih banyak tentang cara pinjam uang di shopee? Nah, jika kalian memang tertarik tentang cara pinjam uang di shopee, maka kalian bisa simak pembahasan berikut.

Apakah Bisa Pinjam Uang di Shopee?

Apakah Bisa Pinjam Uang di Shopee

Seperti yang sudah disampaikan diatas tadi bahwa sekarang shopee ini sekarang mengadakan fitur atau layanan baru yang memungkinkan kalian dapat meminjam uang dari aplikasi ini.

Fitur atau layanan untuk pinjam uang di shopee ini adalah SPinjam. Fitur ini memungkinkan kalian untuk meminjam sejumlah uang di shopee yang mungkin kalian butuhkan.

SPinjam ini bisa kalian temui di dalam menu saya pada aplikasi shopee. Apabila kalian tidak memiliki fitur tersebut, maka kalian bisa coba dengan mengupdate versi aplikasi shopee kalian di playstore.

Apabila versi aplikasi shopee kalian sudah versi terbaru, namun tetap tidak memiliki fitur ini, maka kalian tentunya tidak dapat melakukan pinjam uang di shopee.

Pasalnya karena memang fitur yang satu ini tergolong fitur baru jadi kemungkinan besar masih belum tersedia di setiap daerhan dan aplikasi shopee yang kalian miliki ya.

Nah, balik lagi ke pembahasan tentang pinjam uang di shopee nih. Jadi apa itu shopee pinjam atau SPinjam? Kalian yang masih belum tahu apa itu spinjam bisa simak dulu pembahasan berikut ya.

Apa Itu SPinjam?

Apa Itu SPinjam

Spinjam adalah sebuah fitur atau layanan yang disediakan oleh shopee agar para pengguna aplikasi shopee ini dapat melakukan pinjaman uang di aplikasi shopee.

Layanan terbaru shopee yang satu ini cukup aman dan terpercaya. Pasalnya memang SPinjam ini sudah diawasi oleh otoritas jasa keuangan atau OJK. Jadi kalian tidak perlu khawatir tentang p3n1puan di layanan ini.

Perlu kalian ketahui juga bahwa fitur atau layanan SPinjam ini belum tersedia di berbagai wilayah. Hanya wilayah yang terkait dengan aturan regulasi untuk pinjam konvensional saja yang akan mendapatkan fitur SPinjam ini.

Jadi apabila di dalam aplikasi temen – temen masih belum memiliki fitur tersebut, maka kemungkinan besar wilayah yang kalian tempati belum terkait dengan aturan regulasi pinjam konvensional ya.

Selain itu juga hanya beberapa pengguna shopee yang terplih yang bisa mendapatkan fitur atau layanan SPinjam ini, jadi kemungkinan tidak semua orang bisa memiliki fitur atau layanan SPinjam ini.

Cara Aktifkan SPinjam di Shopee

Cara Aktifkan SPinjam di Shopee

Untuk kamu yang memiliki layanan SPinjam pada aplikasi shopee, maka tentu kamu bisa meminjam uang, hanya saja kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur SPinjam di aplikasi shopee kamu tersebut. Bagaimana caranya? Yuk ikutin caranya di bawah ini.

  • Pastikan kamu memiliki aplikasi shopee terlebih dahulu. Bila belum memilikinya, maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di playstore.
  • Setelah terunduh, kamu bisa masuk apabila kamu sudah memiliki akun dan kamu bisa daftar apabila kamu baru pertama kali menggunakan Shopee.
  • Selanjutnya kamu bisa beralih ke sebelah pojok kanan bawah layar pada halaman utama, kamu bisa klik “saya“.
  • Jika sudah, maka kamu bisa scroll kebawah, lalu temukan dan klik pada opsi “SPinjam“.
  • Pada menu SPinjam ini kamu bisa klik “Aktifkan” dan kamu tinggal inputkan saja kode OTP, setelah itu klik “Lanjut“.
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan berbagai jenis data termasuk nomor telepon, KTP, dll.
  • Kamu bisa lengkapi terlebih dahulu data yang diminta.
  • Pastikan juga agar semua data benar sesuai dengan KTP dan nomor telepon pastikan dimulai dengan +62.
  • Apabila sudah, maka langkah terakhir adalah melakukan verifikasi wajah dengan klik “Mulai Verifikasi Wajah“.
  • Kamu hanya perlu mengarahkan kamera depan kamu ke wajah dan pastikan juga kamu melakukan verifikasi wajah di tempat yang terang.
  • Jika verifikasi wajah sudah selesai, maka kamu hanya perlu menunggu beberapa menit saja.
  • Apabila Pengaktifan spinjam disetujui, maka kamu akan dikirimi pesan yang berisi mengenai berhasilnya pengaktifan SPinjam ini.

Syarat Melakukan Pinjaman Uang di Shopee

Syarat Melakukan Pinjaman Uang di Shopee

Tentu Shopee pinjam ini memiliki beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar bisa meminjam uang di aplikasi shopee. Dengan adanya persyaratan, maka akan lebih terasa nyaman bagi kamu dan bagi pihak Spinjam yang akan meminjamkan uang.

Lalu, apa saja syarat untuk dapat memperoleh pinjaman di aplikasi shopee tersebut? Bagi kamu yang belum tahu apa saja syarat dan ketentuan untuk pinjam uang di shopee, maka kamu bisa perhatikan ulasan berikut.

1. Memiliki Aplikasi Shopee

Untuk kamu yang ingin melakukan peminjaman uang di shopee, maka tentunya kamu harus terlebih dahulu mempunyai aplikasi shopee di smartphone mu.

Apabila kamu masih belum memiliki aplikasi shopee ini, maka kamu bisa unduh terlebih dahulu aplikasinya di playstore, appstore atau di toko – toko aplikasi lainnya.

2. Terdapat Layanan SPinjam di Akun Shopee

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa tidak semua orang yang memiliki aplikasi shopee mendapatkan layanan spinjam. Hanya orang terpilih saja yang dapat mengaktifkan fitur SPinjam ini.

Kalian bisa melihat layanan spinjam ini pada menu saya di pojok kanan bawah pada halaman utama. Untuk kamu yang tidak memiliki layanan tersebut, maka mohon maaf, kamu belum bisa melakukan pinjaman di shopee.

3. Sudah Memiliki KTP

Kartu tanda penduduk atau ktp ini adalah salah satu syarat wajib yang harus kamu miliki untuk bisa melakukan pinjaman uang di aplikasi shopee ini.

Tujuan dari KTP ini sendiri sangat sederhana yaitu agar lebih terjamin antara peminjam dan yang dipinjami. Selain itu juga KTP ini berfungsoi untuk mengaktifkan layanan pinjam di shopee yaitu SPinjam.

4. Mengaktifkan Layanan SPinjam

Apabila kamu ingin melakukan pinjaman di shopee, maka tentu kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan SPinjam ini terlebih dahulu. Pasalnya memang layanan inilah yang membuat kamu bisa meminjam uang di shopee.

Untuk mengaktifkan SPinjam ini sendiri sangat mudah, apabila kamu belum mengetahui cara mengaktifkannya, maka kamu bisa simak terlebih dahulu pembahasan tentang cara mengaktifkannya pada ulasan diatas.

5. Memiliki Akun atau Rekening Bank

Karena pinjam uang di shopee ini adalah pinjaman online, maka tentu kamu tidak menerima uangnya secara tunai. Jadi kamu harus memiliki akun bank agar bisa menerima uang yang dipinjamkan.

Tapi kamu yang tidak memiliki akun bank juga tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah bisa menggunakan dompet digital seperti DANA, GoPay, OVO, dan masih banyak lainnya.

6. Mengembalikan Sesuai Waktu Yang Disepakati

Sebelum kamu meminjam uang tentu akan ada kesepakatan tentang waktu dan jumlah pengembalian. Oleh sebab itu kamu harus mengembalikan uang yang kamu pinjam sesuai waktu yang disepakati.

Apabila kamu tidak mengembalikan uang yang kamu pinjam di shopee sesuai waktu yang disepakati, maka kamu akan mendapatkan sanksi berupa denda yang tentunya sesuai dengan kesepakatan.

7. Pinjam Uang di Shopee Sesuai Prosedur

Bagi temen – temen yang ingin pinjam uang di shopee, pastikan agar kalian menjalani sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan dengan baik dan benar.

Selain dapat mempermudah kamu, tentu saja kamu juga tidak akan mendapatkan sanksi atau hukuman jika kamu memang melakukan pinjam uang di shope sesuai prosedur.

Cara Pinjam Uang di Shopee

Cara Pinjam Uang di Shopee

Pastikan kamu terlebih dahulu menyimak tentang syarat dan ketentuan untuk meminjam uang di shopee, setelah itu kamu bisa penuhi syaratnya terlebih dahulu. Apabila sudah, maka langsung saja menuju pembahasan tentang cara pinjam uang di shopee berikut ini.

  • Buka aplikasi shopee di smarthphone kamu dan klik pada menu “saya” yang terletak di sebelah pojok kanan bawah layar.
  • Klik “Ajukan” dan pilih jumlah uang yang ingin kamu pinjam dengan cara menggeser tombol untuk menampilkan jumlah nominal uang yang dapat dipinjam.
  • Setelah kamu menentukan nominal uang yang akan kamu pinjam, maka selanjutnya kamu bisa memilih jangka waktu untuk mengembalikan uang. Mulai dari 3 bulan, 6 bulan, sampai 1 tahun.
  • Jika kamu sudah menentukan jangan waktu pengembalian, maka kamu bisa pilih rekening bank yang ingin kamu gunakan untuk menerima uang dengan klik “Tambahkan Rekening Bank“.
  • Lalu kamu bisa klik “Lanjutkan” dan klik lagi pada “Ajukan Sekarang“.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung inputkan saja pin ShopeePay kamu.
  • Apabila uang sudah masuk ke dalam rekening kamu, maka kamu bisa langsung cairkan di atm terdekat.

Jumlah pinjaman uang yang bisa kamu pinjam paling kecilnya adalah Rp. 200.000 dan jumlah pinjaman paling banyak yang bisa kamu pinjam adalah Rp. 15.000.000. Tapi tidak semua pengguna sama.

Untuk jumlah pinjaman ini tidak semua orang memiliki limit yang sama. Limit pada Spinjma akan bertambah secara otomatis apabila kamu sering meminjam dan membayar pinjaman sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Selain itu untuk bunga pada SPinjam ini paling kecilnya adalah 1,95 persen dari total tagihan atau cicilan tiap bulannya. Bunga shopee pinjam ini juga bisa bertambah besar sesuai dengan jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran yang kamu pilih.

Perlu kamu ketahui juga bahwa biaya administarsi tiap transaksi pada layanan SPinjam adalah 3 persen, apabila telat membayar, maka kamu akan dikenakan denda sebesar 5 persen dari total tagihan tiap bulannya.

Apakah Shopee Pinjam Bisa Dicairkan?

Shopee pinjam atau kita kenal dengan SPinjam ini adalah sebuah fitur atau layanan terbaru di aplikasi shopee dimana kalian bisa melakukan  pinjaman online tunai dari layanan ini.

Berbeda dengan shopee paylater yang mana kalian diperbolehkan membeli barang dengan menyicil bayarannya, fitur SPinjam memungkinkan kalian mencairkan uang yang kalian pinjam.

Jadi apabila teman – teman penasaran apakah shopee pinjam ini bisa dicairkan, maka jawabannya adalah bisa. Kalian hanya perlu meminjam dan uang akan masuk ke rekening bank kalian. Kalian bisa mencairkan melalui atm terdekat.

Kelebihan Pinjam Uang di Shopee

Disetiap paltform peminjaman uang pastinya terdapat kelebihannya masing – masing. Oleh sebab itu kamu bisa terlebih dahulu menyimak kelebihan pinjam uang di aplikasi shopee ini.

Kelebihan inilah yang nantinya bisa membuat kalian lebih yakin apakah dengan aplikasi atau platform yang nantinya akan kalian gunakan untuk meminjam uang.

Untuk kalian yang merasa ragu ketiak ingin meminjam uang di shopee, maka kamu bisa simak terlebih dahulu pembahasan tentang kelebihan meminjam uang di shopee ini.

Syarat Pinjam Uang di Shopee Yang Simple

Untuk persyaratan untuk pinjam uang di shopee sendiri cukup simple dan mudah. Kamu bisa langsung melihat syarat meminjam uang di shopee pada pembahasan di atas.

Proses Peminjaman Mudah dan Cepat

Apabila kamu sedang terburu – buru untuk meminjam uang, maka kamu bisa coba meminjam uang secara online di shopee. Kenapa? Karena proses peminjaman uang di shopee terbilang sangat mudah dan cepat.

Tingkat Kemanan Privasi Tinggi

Tiap – tiap orang pastinya tidak ingin memiliki hak privasinya masing – masing. Nah, kamu tidak perlu khawatir dengan privasi apabila kamu meminjam uang di shopee karena kemanan privasi pada aplikasi shopee sangatlah terjaga.

Resmi dan Diawasi OJK

Apakah aman meminjam uang di shopee? Tentu saja aman karena layanan SPinjam pada aplikasi shopee ini sendiri sudah diawasi langsung oleh otoritas jasa keuangan atau lebih kita kenal dengan OJK.

Cepat Cair

Alasan mengapa meminjam uang di aplikasi shopee ini sendiri sangat disarankan adalah karena selain keamanan dan sudah resmi, proses meminjam uang di shopee ini sangat cepat karena bisa langsung dicairkan menjadi uang tunai.

Bunga Rendah

Tentu saja sebelum meminjam uang, pastikan bunganya rendah, karena apabila bunganya tinggi, maka kamu tentu akan kesulitan dalam mebayar kembali uang yang kamu pinjam.

Jangka Waktu Yang Cukup Lama

Untuk pilihan jangka waktu pembayaran yang disediakan oleh pihak shopee ini terbilang cukup lama, kamu bisa memilih pembayaran mulai dari 3 bulan, 6 bulan ataupun 1 tahun. Hanya saja semakin lama semakin besar pula bunga yang akan kamu dapatkan.

Dengan banyaknya kelebihan pada aplikasi shopee ini, tentunya kamu bisa mengatasi keraguan untuk meminjam di aplikasi shopee atau meminjam di aplikasi peminjaman uang lainnya.

Baca Juga :