Cara Daftar Shopee Food Online (Merchant, Driver, Kurir)

Dengan adanya aplikasi Shopee, Anda semua akan dimudahkan dalam melakukan berbagai urusan seperti membeli barang dan makanan. Tapi untuk pembahasan kali ini mimin tidak akan membahas tentang cara membeli barang atau makanan tersebut, karena disini mimin akan menjelaskan tentang cara daftar Shopee Food yang benar.

Pada awalnya aplikasi Shopee memang diperuntukan bagi pengguna yang ingin membeli barang, namun saat ini Shopee bisa dimanfaatkan untuk membeli makanan. Hebatnya pada perkembangan ini tidak akan aplikasi tambahan yang perlu Anda instal, melainkan hanya aplikasi Shopee itu saja.

Jadi untuk memesan suatu barang dan makanan secara online, nantinya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan satu aplikasi saja. Nah, khusus buat Anda yang memiliki usaha dan ingin menjualnya secara online melalui Shopee, maka Anda simak terus ulasan mengenai cara daftar Shopee Food berikut ini.

Sistem Kerja Shopee Food Yang Harus Anda Ketahui

Sistem Kerja Shopee Food Yang Harus Anda Ketahui

Sebelum Anda mengetahui tentang bagaimana cara daftar Shopee Food merchant, maka Anda perlu mengetahui dulu tentang sistem kerja Shopee Food. Karena sebagai calon mitra dari sebuah aplikasi, tentunya Anda perlu mengetahui tentang sistem kerja yang sudah menjadi kebijakan aplikasi.

Jadi sistem kerja yang terdapat pada Shopee Food, yaitu menghubungkan antara konsumen, merchant, dan juga seorang driver Shopee Food. Semua orang yang terlibat dalam sistem ini, akan dihubungkan dalam satu jalur pemesanan dengan menggunakan aplikasi Shopee secara online.

Dalam perihal ini konsumen akan memesan makanan melalui aplikasi Shopee, dan setelah itu driver akan datang ke tempat merchant untuk mengambil makanan. Ketika driver sudah mempersiapkan makanan yang di pesan, maka driver akan mengantarkannya ke alamat konsumen.

Nah, setelah semuanya sudah beres dan makanan yang diinginkan sesuai dengan harapan, maka akan ada proses transaksi yang dilakukan oleh driver dan konsumen. Namun proses transaksi ini juga dapat dilakukan secara online, tepatnya dengan memanfaatkan fitur Shopee Pay.

Simak Syarat dan Ketentuan Untuk Daftar Shopee Food

Syarat dan Ketentuan Untuk Daftar Shopee Food

Sebagai mitra dalam sebuah aplikasi, tentunya Anda harus mempersiapkan sebuah persyaratan dan juga ketentuan sebelum melakukan pendaftaran. Terlebih Shopee sendiri adalah perusahaan yang besar, tentu pihak dari pengelola tidak akan pernah main-main dalam menyikapi hal ini.

Berbagai macam syarat dan juga ketentuan ini, memang sudah menjadi kebijakan tersendiri dan harus dipenuhi oleh Anda sebagai merchant. Namun Anda semua tidak perlu khawatir, sebab mimin akan membantu Anda dalam menerangkan segala syarat yang dibutuhkan dalam pendaftaran ini.

Karena mimin juga sangat paham dengan segala keinginan banyak orang, bahwa siapa sih yang tidak mau usahanya memiliki keterikatan dengan aplikasi Shopee? Oleh sebab itu langsung saja Anda ketahui segala syarat dan juga ketentuan yang dibutuhkan, melalui rangkaian berikut.

1. Syarat Daftar Shopee Food Merchant Bagi Bisnis Perorangan

Untuk Anda yang sekiranya memiliki usaha kecil-kecilan, tentu tidak ada salahnya jika bergabung dalam Shopee Food merchant. Karena disaat usaha Anda dikenal oleh banyak orang, maka pendapatan yang bisa Anda raih tentu sangat besar. Nah, untuk syarat daftar Shopee Food perorangan, silahkan Anda simak persyaratannya dalam daftar berikut:

  • Memiliki kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • Menyiapkan berkas NPWPD
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Memfoto buku tabungan pribadi

2. Syarat Daftar Shopee Food Merchant Bagi Bisnis Yang Terdaftar di Badan Hukum

Ketika sebuah usaha yang dijalankan sudah berjalan dengan pesat, biasanya pengelola usaha tersebut akan mendaftarkannya ke dalam badan hukum. Dan jenis usaha yang seperti ini juga bisa didaftarkan pada Shopee Food, dengan menyertakan beberapa persyaratan seperti berikut :

  • Memiliki kartu identitas semacam KTP atau KITAS
  • Menyiapkan atau memiliki NPWP
  • SIUP atau TDUP
  • TDP atau NB
  • Akta pendirian sebuah usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif

Berikut Cara Daftar Shopee Food Merchant

Cara Daftar Shopee Food Merchant

Setelah berbagai ulasan khususnya syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Anda sudah di simak, maka Anda bisa langsung mengetahui tentang cara pendaftarannya. Sebab cara pendaftaran inilah yang paling penting, karena mimin yakin bahwa banyak diantara Anda semua yang ingin menjadi merchant Shopee Food.

Dalam setiap proses pendaftaran yang harus Anda lakukan, disini mimin sudah mencantumkannya dalam sebuah daftar yang bisa Anda simak langsung. Dan dikarenakan proses pendaftaran ini cukup panjang, maka pastikan bahwa setiap langkah-langkah yang mimin bagikan tidak terlewatkan.

  1. Untuk langkah yang pertama, silahkan Anda masuk ke dalam website pendaftaran Shopee Merchant atau dengan klik link Disini.
  2. Jika sudah, nantinya Anda akan dibawa ke dalam tampilan utama dari website pendaftaran tersebut.
  3. Di halaman utama website Anda bisa langsung mengisikan Formulir di setiap kolom yang tersedia.
  4. Masukan juga Email serta No Telepon yang sekiranya selalu aktif.
  5. Pada halaman baru, Anda bisa mengisi Informasi Lokasi dan juga Alamat dari Usaha Kuliner yang Anda jalankan sekarang.
  6. Selanjutnya Anda bisa memasukan Informasi Pribadi khususnya jenis kuliner yang ditawarkan oleh Anda.
  7. Berikutnya Anda isikan kembali Kategori Bisnis yang ditawarkan pada tampilan baru website.
  8. Ketika opsi tersebut sudah Anda isi, maka Anda pilih juga pada menu Bentuk Bisnis yang tertera di dalamnya. Disini Anda bisa mengisi bentuk bisnis sesuai dengan tempat Anda menjualkan kuliner yang dimiliki. Jadi bisa saja restoran, atau bisa juga beradang di kaki lima.
  9. Jangan lupa untuk memfoto outlet yang digunakan seperti dapur, peralatan masak, dan juga hasil kuliner yang sudah jadi.
  10. Setelah semua yang dibutuhkan sudah Anda cantumkan, maka langsung saja Anda klik di bagian tombol Konfirmasi Pendaftaran.
  11. Dan pada tampilan baru, silahkan Anda akhiri dengan mengklik opsi Yes dan juga opsi Kirim.

Ketika semua berkas atau hal-hal yang dibutuhkan dalam pendaftaran sudah dikirim, maka Anda hanya perlu menunggu informasi selanjutnya yang dikirimkan melalui email.

Begini Cara Daftar Shopee Food Driver

Begini Cara Daftar Shopee Food Driver

Seperti yang mimin katakan di awal, bahwa sistem kerja yang terdapat pada Shopee Food itu melibatkan konsumen, merchant dan juga driver. Dan pada pembahasan kali ini, mimin juga akan menjelaskan tentang bagaimana caranya mendaftar seorang driver di layanan Shopee Food.

Menjadi seorang driver tentu menjadi pekerjaan yang baik buat Anda. karena selian cara kerjanya yang halal Anda juga tidak perlu membutuhkan riwayat pekerjaan yang tinggi. Sehingga jenis pekerjaan yang seperti ini sangat cocok buat Anda yang sekiranya memiliki keterbatasan pendidikan dan sedang dalam masa pengangguran.

Layaknya seperti proses pendaftaran di Shopee Food sebagai merchant, dimana Anda sebagai calon driver juga perlu melengkapi berbagai macam syarat yang sudah ditentukan. Dan tujuan dari melengkapi syarat ini tentu sangatlah baik, karena pihak dari aplikasi Shopee juga ingin mendata Anda sebagai mitra dari Shopee Food.

Persyaratan Untuk Menjadi Driver di Shopee Food

Berbagai jenis persyaratan yang perlu Anda penuhi ini, bisa dibilang sangatlah sama dengan perlengkapan Anda saat sedang mengendarai motor. Nah biar lebih lengkapnya Anda bisa langsung menyimak beberapa syarat yang mimin maksud tersebut, tepatnya dalam daftar berikut.

  1. Menjadi bagian dari Warga Negara Indonesia WNI.
  2. Mempunyai kartu identitas seperti KTP.
  3. Usia minimum harus berusia 17 dan maksimal 65 tahun saat pendaftaran.
  4. Memiliki SIM C yang statusnya masih aktif.
  5. STNK sesuai dengan jenis kendaraan yang dimiliki dan maksimal keluaran tahun 2012.
  6. Buku tabungan dan kartu ATM yang dimiliki.
  7. Menyiapkan dan menyerahkan SKCK (Berkas bisa disusul buat Anda yang belum punya).
  8. Alamat email.
  9. Nomor telepon yang masih aktif.

Beberapa syarat dan juga ketentuan yang diberikan ini, tentu harus dilengkapi dengan benar sebelum Anda melakukan proses pendaftaran menjadi seorang driver Shoppe Food. Karena jika beberapa data yang dibutuhkan tidaklah lengkap, maka bisa saja proses pengajuan yang Anda lakukan nanti gagal.

Tahapan Mudah Untuk Daftar Shopee Food Driver

Dari berbagai jenis syarat yang dibutuhkan tersebut, disini mimin sangat yakin bahwa Anda semua sudah memilikinya. Dan kalau semuanya sudah siap, maka Anda bisa langsung melakukan proses pendaftaran sebagai driver Shopee Food dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Langkah yang pertama, silahkan Anda kunjungi terlebih dahulu website pendaftaran dari layanan Shopee Food. Anda bisa mencarinya sendiri melalui browser atau dengan mengklik link Disini.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan utama dari situs pendaftaran.
  3. Nah pada tampilan utama tersebut, silahkan Anda masukan Nama Lengkap, Nomor Telepon, Email, Alamat, Jenis Kelamin dan juga domisili.
  4. Ketika semua data-data tersebut sudah Anda masukan, maka disini Anda bisa lanjut untuk mengklik Tombol Next.
  5. Pada tampilan berikutnya, silahkan Anda isi kolom dengan identitas Tahun Pembuatan Kendaraan dan akhiri lagi dengan mengklik Next.
  6. Selesai.

Ketika semua langkah dan data di atas sudah Anda lakukan, maka kini tinggal menunggu informasi berikutnya dari pihak Shopee Food. Berbagai informasi tersebut akan dikirimkan lewat email, atau bisa juga melalui informasi yang dikirimkan ke dalam nomor telepon yang Anda masukan.

Dengan demikian, harap memasukan alamat email dan nomor telepon yang benar, supaya jika ada informasi penting Anda bisa langsung segera mengetahuinya. Proses pemberitahuan dari informasi selanjutnya ini akan diproses selama kurang lebih 7 hari. Jadi lebih baik Anda tunggu semua prosesnya hingga selesai.

Ketahui Biaya Atribut Untuk Menjadi Driver Shopee Food

syarat untuk jadi driver jual makanan online

Mungkin Anda juga sudah tahu, bahwasanya beberapa driver dari sebuah aplikasi lain mempunyai sebuah atribut sebagai pendukung untuk melakukan pekerjaannya. Kita ambil salah satunya saja seperti Grab, dimana perusahaan ini juga menyediakan atribut khusus ke semua driver yang bekerja dengannya.

Aplikasi Shopee juga sama, dimana setiap driver nantinya akan mendapatkan atribut lengkap untuk mendukung segala aktivitas dalam melakukan pekerjaan antar makanan. Namun atribut semacam ini tidak bisa di dapatkan secara gratis, melainkan ada biaya tambahan untuk membeli atribut yang sudah ditentukan.

Tentu biaya yang seperti ini tidak hanya berlaku pada aplikasi Shopee saja, melainkan untuk semua aplikasi yang menyediakan jasa driver online pasti akan menyertakan biaya untuk para drivernya. Mungkin banyak diantara Anda yang mengira bahwa atribut ini memiliki harga yang mahal, sebab sebelumnya Anda tidak tahu tentang kebijakan ini.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab seluruh biaya atribut yang mimin maksud ini bisa Anda cicil atau kredit sesuai dengan masa pembayaran yang ditentukan. Nah, biar lebih lengkapnya langsung saja Anda simak ulasan mengenai biaya atribut ini, melalui sebuah rangkuman yang tersaji sebagai berikut:

Perlengkapan Atribut Kategori Paket 1

Untuk atribut yang akan Anda terima nanti sebagai driver Shopee Food, masing-masingnya dibedakan menjadi dua jenis. Dimana untuk yang pertama ini adalah atribut paket satu, yang terdiri dari beberapa alat pendukung Anda dalam mengantar pesanan. Berikut jenis barang dan daftar harganya :

  • 1 Jaket dengan desain Shopee Food
  • 1 buah helm yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).
  • Masker dengan logo Shopee Food.
  • Nominal harga yang harus dibayar sebesar RP.500.000.

Buat Anda yang berada di wilayah sekitar jabodetabek, maka bisa mengeluarkan uang muka sebesar RP.400.000 dengan angsuran selama 50 hari. Sedangkan buat Anda yang berada di luar area JABODETABEK, maka perlu menyiapkan uang muka RP.350.000 dengan masa angsuran selama 50 hari juga.

Perlengkapan Atribut Kategori Paket 2

Untuk jenis atribut yang akan Anda temukan pada paket 2, memang akan sedikit berbeda dibandingkan dengan atribut dari paket sebelumnya. Perbedaan yang diberikan tersebut terletak pada bagian item atributnya, jadi kalau Anda ingin tahu maka bisa simak daftar di bawah ini.

  • 2 Jaket dengan desain Shopee Food
  • Masih mendapatkan 1 buah helm yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).
  • Masker dengan logo Shopee Food berjumlah lebih banyak.
  • Nominal harga yang perlu dikeluarkan sebesar RP.700.000.

Khusus buat Anda yang berada di wilayah JABODETABEK, maka akan dikenakan uang muka sebesar RP.500.00 dengan waktu angsuran selama 23 hari. Dan untuk kota lain atau yang berada di luar JABODETABEK, nantinya perlu menyiapkan uang muka RP.450.000 dengan masa angsuran selama 30 hari.

Keuntungan Yang di Dapat Ketika Menjadi Bagian Dari Mitra Shopee Food

Aplikasi Yang Cocok Untuk Jual Makanan Secara Online

Setiap jenis usaha khususnya dalam bidang pekerjaan yang kita lakukan, pastinya memiliki keuntungan tersendiri yang akan diterima oleh Anda. Dan walaupun keuntungan yang di dapat tidak terlalu besar, namun perihal ini pastinya akan menjadi landasan Anda untuk lebih semangat bekerja.

Nah, dengan bergabungnya Anda ke dalam bagian mitra Shopee Food, tentu akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda rasakan nantinya. Keuntungan tersebut akan Anda rasakan baik sebagai merchant maupun driver yang selalu bekerja keras dalam menekuni pekerjaan ini.

Pada kesempatan ini juga, mimin sudah memberikan sedikit rangkuman mengenai keuntungan apa saja yang bisa di dapat ketika tergabung dalam bagian mitra Shopee Food. Jadi langsung saja Anda simak semua penjelasannya, melalui sebuah rangkuman yang tertera sebagai berikut :

Keuntungan Menjadi Merchant di Shopee Food

Sebagai bagian dari merchant di Shopee Food, nantinya Anda akan merasakan berbagai macam keuntungan yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Lantas berbagai macam keuntungan ini sudah mimin cantumkan dalam daftar berikut, supaya Anda bisa termotivasi untuk bisa berusaha lebih maksimal lagi.

  1. Mendapatkan jumlah audiens yang jauh lebih banyak.
  2. Menerima dukungan penjualan yang diberi oleh pihak Shopee Food Langsung.
  3. Potensi mendapatkan omset yang jauh lebih besar.
  4. Mengelola keuangan yang bisa dilakukan dengan mudah.
  5. Proses transaksi Anda dengan klien bisa jauh lebih gampang.

Keuntungan Menjadi Driver di Shopee Food

Selain sebagai merchant, tentunya Anda juga memiliki peluang keuntungan yang lebih besar ketika menjadi seorang driver di Shopee Food. Terlebih kebanyakan orang saat ini lebih suka memesan makanan secara online, sehingga secara tidak langsung sangat membutuhkan jasa Driver. Berikut keuntungan jadi driver di Shopee Food :

  1. Mendapatkan sistem kerja yang lebih fleksibel karena bisa bebas bekerja tanpa adanya batasan waktu.
  2. Pengguna Shopee yang besar tentu menjadi peluang banyak orderan yang akan Anda terima nantinya.
  3. Memanfaatkannya sebagai pekerjaan tambahan dengan sistem bagi hasil kepada teman atau orang lain.
  4. Bonus yang diberikan oleh perusahaan Shopee bisa dibilang cukup besar.
  5. Sistem transaksi jauh lebih mudah.

Baiklah semuanya, jadi itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara daftar Shopee Food hingga ulasan tentang keuntungan apa saja yang bisa didapatkan. Semoga setiap penjelasan yang mimin bagikan ini bisa akurat, agar artikel yang marlinbooking.co.id bagikan juga bisa jauh lebih bermanfaat, terima kasih.

Simak juga :